1. Startup

OgahRugi.com Dengan Tampilan Baru dan Perubahan Strategi

Sekitar seminggu yang lalu OgahRugi.com mengubah tampilan mereka, cukup krusial karena tampilan mereka berubah total beserta dengan beberapa fasilitas yang sebelumnya tersedia di penyedia voucher potongan harga ini. Saya sendiri sebelumnya tidak menyadari perubahan ini sampai ketika saya sedang mencari bahan tulisan artikel yang berhubungan dengan layanan daily deals, ketika membuka situs OgahRugi.com, tampilan mereka telah berubah total.

Jika melihat dari Facebook Page mereka, perubahan ini diumumkan pada tanggal 23 Mei 2011 lalu, jika sebelumnya ada beberapa fasilitas yang disediakan oleh OgahRugi seperti voucher potongan harga, toko online dan info diskon. Kini, dengan tampilan mereka yang baru, OgahRugi hanya menyediakan voucher diskon yang ditawarkan 2 hari sekali.

Warna khas mereka yang merah serta logo pun semua diganti, kini tampilan mereka lebih minimalis, tanpa warna dominan serta pembagian 2 kolom yang agak berbeda dari layanan serupa lain, meski elemen desain pada bagian atas situs mengingatkan pada layanan Gowalla dan latar belakang foto yang mengingatkan saya pada AkuPlusKamu.

Dari penjelasan situs mereka, layanan yang berada di bawah PT Dyviacom Intrabumi ini menjelaskan bahwa perubahan layanan mereka, yang pada awalnya menyajikan berbagai informasi diskon dan toko online, dijalankan karena peluang dari pertumbuhan dari berbagai merchant, seperti restoran, kafe, layanan spa, salon, tempat hiburan dan berbagai merchant lain. Peluang untuk menjadi sebuah layanan yang mengenalkan berbagai merchant yang belum banyak dikenal masyarakat adalah salah satu strategi yang ingin diambil OgahRugi. Mereka kini mengubah strategi pengembangan layanan menjadi (hanya) penjualan voucher diskon.

Saat ini penawaran OgahRugi hanya tersedia untuk kota Jakarta, selain penawaran dari merchant yang berhubungan dengan gaya hidup, ada dua penawaran yang bagi saya cukup menarik, kaos Transformers dan DanBoard Action Figure. Memang pemilihan penawaran diskon untuk produk unik memang masih menjadi perdebatan, antara mencari apa yang paling diminati oleh konsumen (lebih banyak voucher terjual lebih baik) atau menampilkan penawaran unik yang mungkin saja tidak ditawarkan layanan lain.

Perubahan OgahRugi dengan hanya menyediakan satu layanan saja juga agak berbeda dengan pendapat saya bahwa tren dari penyedia diskon atau layanan daily deals yang justru mengembangkan berbagai fitur atau layanan diluar voucher diskon, misalnya pengembangan komunitas atau aplikasi mobile yang digabungkan dengan fitur seperti LBS, diskon berdasarkan lokasi atau yang lainnya. Daily deals atau voucher diskon, bisa jadi kedepannya hanya akan menjadi salah satu fitur dari layanan yang lebih lengkap.

Bagi saya, kini layanan daily deals, group buying atau penyedia kupon potongan harga memasuki masa ujian sebenarnya, meski pasar memang tetap luas, tingkat konsumsi orang Indonesia tidak diragukan lagi, dan pertumbuhan merchant pun terus terjadi, namun masa 'bulan madu' sudah selesai, pertumbuhan dan menjamurnya layanan sejenis mulai 'meminta' ketahanan dari sisi bisnis dan penawaran dari merchant itu sendiri.

Baru sekitar seminggu OgahRugi mengubah tampilan dan fokus layanan mereka, mari kita lihat perkembangan selanjutnya, baik dari layanan OgahRugi, maupun penyedia voucher diskon lainnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again