Ojek Online yang Semakin Dekat dengan Masyarakat Indonesia
Sebuah fenomena transformasi layanan transportasi
Ojek adalah salah satu moda transportasi andalan untuk banyak masyarakat di Indonesia. Kemampuan moda transportasi ini yang lebih dinamis membuatnya banyak digemari masyarakat untuk menjangkau kawasan yang jauh dari halte, terminal, atau transportasi publik lainnya. Pamor ojek semakin meningkat sejak Go-Jek memunculkan aplikasi mobile-nya. Di mulai dari sana ojek mulai banyak mendapatkan pekerjaan baru selain mengantarkan penumpang.
Perlahan tapi pasti masyarakat sudah mulai akrab dengan ojek online. Ekspansi Go-Jek ke beberapa kota yang dilakukan dalam kurun waktu singkat dan masuknya Grab dan Uber sebagai layanan dari luar negeri yang juga membawa pamor ojek online meluas ke seluruh Indonesia.
Posisi ojek sebagai transportasi tidak resmi membuat evolusinya menjadi cukup cepat. Teknologi dan pembiasaan masyarakat berperan penting di sana. Pengantar makanan dan pengantar paket adalah bentuk evolusi dari kegunaan ojek. Peluang bisnis ini kemudian diambil oleh pengusaha-pengusaha startup untuk mengembangkan ojek online lokal untuk kota masing-masing hingga ojek online dengan niche khusus.
Munculnya layanan ojek online lokal yang meramaikan persaingan
Go-Jek, Grab dan Uber merupakan tiga nama besar untuk layanan ojek online. Go-Jek sebagai produk lokal lebih unggul untuk daerah beroperasi. Secara keseluruhan Go-Jek sudah melayani lebih dari 20 kota di Indonesia. Ini secara teknis tidak hanya mengenalkan Go-Jek secara brand tetapi juga mengenalkan layanan ojek online ke masyarakat di banyak kota di Indonesia.
Dari data Google Play setidaknya kota-kota seperti Lumajang, Purwokerto, Jambi, Ternate dan kota-kota lainnya memiliki aplikasi terdaftar dengan keyword ojek online. Kebanyakan ojek online lokal juga menyebutkan layanan lainnya seperti layanan pengantar makanan dan juga pengiriman dokumen.
Ini membuktikan sebenarnya Go-Jek tidak hanya bersaing dengan nama-nama besar seperti Grab dan Uber tetapi juga dengan ojek online lokal. Persaingan sekarang sudah mulai mengarah ke pengalaman pengguna dan kualitas layanan bukan lagi bersaing dengan ketiadaan atau masyarakat yang belum terbiasa.
Di beberapa daerah pemerintah juga turut berpengaruh pada persaingan. Mulai dari melarang beroperasi karena melindungi ojek konvensional hingga melarang untuk mengembangkan layanan ojek online sendiri seperti apa yang terjadi di Banyumas baru-baru ini. Pemerintah Banyumas mengembangkan Jek-Nyong sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.
Fenomena ojek online adalah satu dari banyak perubahan atau evolusi yang memanfaatkan teknologi. Evolusi dari pemanfaatan ini juga bisa terjadi di segmen-segmen lain. Untuk pertama pro dan kontra tetap ada, tapi perlahan tapi pasti masyarakat yang menilai, masyarakat yang menentukan berguna tidak sebuah transformasi teknologi.
Sign up for our
newsletter