20 January 2015

by Glenn Kaonang

OKU Adalah Dokter Kulit Pribadi dalam Genggaman Anda

Pesatnya perkembangan perangkat wearable dalam tiga tahun belakangan membuka banyak peluang baru bagi produk-produk teknologi untuk semakin mengenali penggunanya. Mereka sekarang bisa menghitung jumlah langkah kaki kita setiap harinya, menghitung kecepatan laju jantung hingga menganalisa kualitas tidur kita setiap malam.

Meski demikian, masih banyak area-area yang belum sempat dijamah oleh perangkat wearable, kulit misalnya. Smartwatch dan fitness tracker memang sudah tidak segan menyentuh kulit kita, akan tetapi keduanya belum sanggup memberikan sesuatu yang berguna bagi kesehatan kulit kita.

Hadirlah OKU, perangkat pemindai kulit yang tidak lebih besar dari genggaman Anda. Perangkat ini berwujud seperti kubus kecil, mirip dengan sejumlah speaker Bluetooth yang ada di pasaran. Fungsinya tidak lain untuk menganalisa kesehatan kulit Anda, atau bisa dibilang menggantikan peran dokter kulit dalam hal konsultasi.

 

Info menarik: e-Dura, Teknologi Implan Tulang Belakang Baru Bagi Penderita Lumpuh

 

OKU dapat melihat lebih dari sekedar lapisan kulit terluar tubuh manusia. Ia akan memeriksa secara kondisi kulit Anda secara mendetail, lalu menerjemahkannya dalam satuan bernama SkinScore agar dapat lebih mudah dipahami. Namun karena OKU tidak memiliki layar, ia memerlukan sebuah iPhone sebagai pendampingnya.

Menggunakan OKU sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyambungkannya ke iPhone via Bluetooth, lalu tempelkan OKU langsung ke kulit Anda. OKU kemudian akan menampilkan sejumlah detail ekstra di samping SkinScore pada aplikasinya di iPhone, seperti tekstur, kerutan, kekenyalan, kadar minyak, pigmentasi dan kelembaban kulit Anda.

Aplikasi yang sama kemudian akan memandu Anda untuk menetapkan target sekaligus memonitor progress Anda. Di sini pengguna OKU akan mendapatkan berbagai rekomendasi terkait aktivitas, jenis makanan maupun produk-produk tertentu yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulitnya masing-masing.

 

Info menarik: Ilmuwan Kembangkan Wearable Device Untuk Lebah

 

OKU dapat digunakan oleh semua kalangan, tidak peduli pria atau perempuan, tua maupun muda. OKU sendiri lebih cocok dikategorikan sebagai produk sains ketimbang produk kecantikan, seperti yang dapat dilihat dari tiga studi yang akhirnya melahirkan OKU: dermatoscopy, nanotechnology dan spectroscopy.

Anda sudah bisa melakukan pre-order di situs resmi OKU. Harga yang ditawarkan pada masa pre-order adalah $250. Setelah itu, harga ritelnya akan meningkat menjadi $300. Perlu diingat, OKU saat ini hanya kompatibel dengan perangkat iOS saja.

Sumber: mySkin via Wired.