6 November 2018

by Glenn Kaonang

Olloclip Luncurkan Dua Lini Lensa Clip-on Baru, Pro Series dan Intro Series

Pro Series untuk kualitas gambar paling prima, Intro Series untuk yang mengedepankan kepraktisan dan harga terjangkau

Tidak semua lensa clip-on diciptakan sama. Bukannya saya anti barang murah, tapi sering kali yang berharga ekonomis sebatas menawarkan focal length yang berbeda tanpa dibarengi kualitas gambar yang prima.

Yang paling kelihatan biasanya adalah lensa wide-angle dengan distorsi yang cukup mencolok. Namun itu bukan masalah besar pada lensa clip-on terbaru Olloclip. Lensa ini merupakan bagian dari lini "Pro Series" yang baru, dan label pro semestinya bisa menggambarkan kualitasnya.

Sejauh ini ada dua lensa pada lini Pro Series: Super-Wide dan Telephoto. Untuk lensa Super-Wide, selain menawarkan sudut pandang dua kali lebih lebar dari kamera bawaan smartphone, strukturnya menganut desain multi-elemen dengan coating ekstra, sehingga distorsi yang dihasilkan lebih minimal daripada lensa wide-angle lain yang pernah Olloclip buat.

Untuk lensa Telephoto, desain multi-elemen juga menjadi keunggulannya di samping optical zoom 2x. Menurut Olloclip, perbedaan lensa Telephoto edisi pro ini adalah kemampuannya meraup cahaya lebih banyak sehingga gambar yang dihasilkan bisa lebih bersih.

Lini Pro Series ini jelas ditujukan untuk konsumen yang termasuk advanced, namun Olloclip juga menyediakan opsi yang lebih ekonomis, yakni lini Intro Series. Sejauh ini baru ada satu lensa, akan tetapi lensa tersebut merupakan perpaduan lensa wide-angle dan lensa macro.

Jadi dalam posisi standar, lensanya memiliki sudut pandang yang lebar, akan tetapi 'cincin' di bagian depannya bisa dilepas, dan seketika itu juga lensa berubah menjadi lensa macro untuk menjepret objek secara close-up. Simpel dan praktis.

Baik Pro Series maupun Intro Series saat ini sudah dipasarkan. Untuk Pro Series, banderolnya dipatok $120, baik untuk lensa Super-Wide maupun Telephoto. Untuk Intro Series, harganya jauh lebih terjangkau di $40. Keduanya tersedia dalam varian standar maupun Connect X.

Sumber: DPReview.