1. Startup

On Trucks Tawarkan Kemudahan Sewa Truk, Towing dan Bus Melalui Aplikasi

Mengklaim telah memiliki 500 mitra, berencana melakukan penggalangan dana ke investor untuk melakukan perluasan pasar

Layanan transportasi on-demand kembali diramaikan dengan kehadiran On Trucks, aplikasi penyewaan armada truk, bus hingga towing untuk masyarakat yang tinggal di Jawa, Bali, dan Sumatera. Aplikasi yang dikembangkan oleh PT Phos Tekno Indonesia ini telah secara resmi meluncur dan sudah bisa diunduh di platform Android, dan akan menyusul dalam waktu dekat di platform iOS.

Layanan yang mengandalkan sepenuhnya kapabilitas mobile ini memiliki perbedaan dengan layanan sejenis yang pernah ada sebelumnya, bukan hanya dari sisi layanan namun juga fitur yang unik. Beberapa layanan dan fitur tersebut di antaranya kode pengaman muatan, fitur pengembalian surat jalan, serta fitur pelacakan posisi pengemudi yang bisa dipantau secara real-time.

“Diluncurkannya On Trucks berawal dari pengalaman kami yang selama ini sudah cukup lama berkecimpung di dunia logistik, melihat masih belum digalinya potensi pengiriman logistik skala besar, towing untuk mobil hingga transportasi seperti bus yang ternyata cukup dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia,” kata Chief Public Relation Officer On Trucks, Leonardo Sitorus kepada DailySocial.

Gencar lakukan akuisisi mitra

Saat ini On Trucks mengklaim telah memiliki sekitar 500 mitra yang bergabung, mulai dari kalangan individual hingga perusahaan yang memiliki lebih dari 300 unit truk, towing dan bus. Proses filtering yang dilakukan oleh On Trucks untuk mitra yang bergabung cukup ketat, hal tersebut dilakukan untuk memastikan mitra memiliki izin dan surat-surat mobil yang sah. Pembagian hasil yang diterapkan oleh On Trucks adalah 80% untuk mitra dan 20% untuk On Trucks.

“Saat ini yang mendaftarkan ke On Trucks sudah banyak namun kami masih dalam proses penyaringan atau penyeleksian ketat kepada calon mitra kami,” kata Leonardo.

Untuk target pasar, layanan ini tak berbeda jauh dengan layanan Go-Box dari Go-Jek. On Trucks juga menyasar kalangan individu hingga korporasi yang membutuhkan logistik dalam skala besar hingga mobil towing untuk keadaan mendesak seperti mobil mogok hingga mengantarkan kendaraan ke bengkel terdekat. Potensi tersebut diklaim oleh Leonardo masih belum dikembangkan oleh layanan online lainnya.

“Salah satu layanan kita yaitu towing bisa digunakan dengan mudah oleh pengguna yang membutuhkan bantuan towing secara cepat di jalan raya. Karena jalan tol harus menggunakan derek resmi jadi On Trucks sepenuhnya hanya menyediakan layanan untuk pengguna di jalan raya,” kata Leonardo.

Asuransi dan biaya yang dikenakan

Dari sisi harga, On Trucks menawarkan varian harga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Untuk biaya, perhitungan berdasarkan kilometer jarak yang ditempuh kendaraan. Sementara untuk asuransi On Trucks memiliki perhitungan harga yang cukup kompetitif, dengan mengedepankan keamanan yang diberikan kepada pengguna.

“Jika ada yang mengatakan asuransi kami sedikit lebih mahal hal tersebut kami lakukan berdasarkan perbincangan dengan pihak asuransi. Bisa dipastikan harga kompetitif dan kami memastikan produk yang dikirim menggunakan On Trucks akan sampai dengan aman,” kata Leonardo.

Saat ini On Trucks masih berusaha mencari mitra di berbagai kota besar di Indonesia, hal tersebut dilakukan untuk memastikan layanan bisa digunakan oleh semua pengguna sesuai dengan wilayah yang diinginkan. Diharapkan tahun 2017 mendatang On Trucks bisa memiliki kantor perwakilan di kota-kota besar di Indonesia yang nantinya bisa digunakan sebagai pusat penerimaan mitra hingga promosi kepada pengguna.

“Untuk bisa mewujudkan rencana tersebut kami juga masih melakukan penggalangan dana, diharapkan ada beberapa investor yang tertarik untuk berinvestasi di On Trucks dengan beragam potensi yang kami tawarkan,” kata Leonardo.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again