Categories

Gadget

OnePlus Konfirmasi Rencananya Luncurkan Seri Smartphone Baru yang Lebih Terjangkau

OnePlus 8 Lite? OnePlus Z?

Glenn Kaonang - 25 June 2020

Sejak awal didirikan, filosofi OnePlus dalam mengembangkan produk tidak jauh-jauh dari “flagship dengan harga lebih terjangkau ketimbang pasaran”. Hal itu sebenarnya masih dipertahankan hingga sekarang; OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro lebih terjangkau daripada flagship lain seperti Samsung Galaxy S20, tapi di saat yang sama banderol $699 dan $899 tak lagi bisa dianggap murah.

Murah atau tidak suatu produk memang relatif, tapi apa yang bisa OnePlus lakukan setidaknya adalah meluncurkan perangkat alternatif yang duduk di kelas lain, kelas menengah misalnya. Rumor mengenai perangkat bernama “OnePlus 8 Lite” santer dibicarakan belakangan ini, dan sekarang OnePlus sendiri akhirnya ikut buka suara.

Lewat forum resmi, OnePlus mengumumkan rencananya untuk meluncurkan seri smartphone baru. Seri baru ini dipastikan punya harga yang lebih terjangkau daripada OnePlus 8. Detail mengenainya memang belum disinggung sama sekali sejauh ini, namun tentu kita bisa mendapat gambaran dari sejumlah rumor yang beredar.

Bocoran gambar OnePlus Z / @OnLeaks

Sebelumnya, mari kita bahas namanya terlebih dulu, sebab OnePlus 8 Lite bukan satu-satunya nama yang dibahas dalam pemberitaan rumornya. Nama lain yang digunakan adalah “OnePlus Z”, dan kalau melihat detail pendukungnya, sepertinya nama inilah yang bakal digunakan – pengumuman di forum OnePlus itu mencantumkan tautan menuju profil Instagram bernama “OnePlusLiteZThing”.

Detail pendukung yang kedua datang dari riwayat OnePlus itu sendiri. Kalau Anda masih ingat, sekitar lima tahun lalu OnePlus pernah meluncurkan smartphone bernama OnePlus X, yang kala itu diposisikan sebagai alternatif lebih murah daripada OnePlus 2. Dari sini bisa kita simpulkan pola penamaannya: angka untuk seri flagship, huruf untuk seri yang lebih terjangkau.

Berdasarkan bocoran yang beredar, spesifikasi OnePlus Z sendiri mencakup layar AMOLED 6,55 inci dengan refresh rate 90 Hz dan sensor sidik jari terintegrasi, chipset Qualcomm Snapdragon 765, RAM 6 GB dan storage internal sebesar 128 GB. Baterainya punya kapasitas 4.300 mAh, sedangkan kamera belakangnya ada tiga, dan kamera depannya telah mengadopsi model hole-punch.

OnePlus bilang ponsel ini bakal mereka pasarkan di Eropa dan India, sebelum akhirnya menyusul ke dataran Amerika Utara tidak lama setelahnya – selain India, negara-negara Asia lainnya sama sekali tidak disebut. Android Central melaporkan 10 Juli sebagai tanggal rilisnya, sedangkan harganya diprediksi berkisar mulai 24.990 rupee (± Rp 4,7 juta) di India.

Sumber: The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter