13 February 2013

by Iqbal Farabi

Online Shopping Menggunakan Hashtag

Apa perkembangan terbaru media sosial? Percaya atau tidak, kini berbelanja secara online dapat dilakukan dengan menggunakan tanda pagar atau hashtag dari media sosial Twitter.

Seperti dilansir oleh Slashdot, kartu kredit American Express beberapa waktu lalu mengumumkan layanan "Sync with Twitter". Pengguna kartu kredit American Express yang memiliki kartu yang memenuhi syarat bisa mendaftarkan kartunya untuk menggunakan layanan ini. Paling sedikit ada dua layanan yang disediakan pada program Sync with Twitter ini yakni penawaran diskon dan belanja secara online.

Untuk penawaran diskon, pengguna bisa mengunjungi situs Sync with Twitter atau bagian favorit akun @AmericanExpress untuk melihat diskon produk-produk apa saja yang tersedia. Setelah itu, pengguna yang sudah terdaftar bisa mendapatkan diskon tersebut dengan mengirim tweet yang mengandung tanda pagar tertentu. Jika pengguna kemudian menggunakan kartu kreditnya untuk berbelanja barang yang sudah disebutkan dalam tanda pagar tadi, pengguna akan otomatis mendapatkan diskon sesuai dengan penawaran yang sebelumnya dilihat.

Misalnya saja, pada contoh di atas, Warby Parker menyediakan cash back sebesar 10 dolar untuk tiap pembelian produknya dengan minimal angka pembelian 95 dolar. Jika ingin mendapatkan diskon ini, pengguna cukup mengirim tweet yang mengandung tanda pagar #AmexWarby.

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan belanja online produk-produk tertentu dengan tanda pagar. Setelah mengirimkan tweet dengan tanda yang pagar sesuai, pengguna akan dimintai konfirmasi oleh akun @AmexSync. Jika pengguna membalas tweet dari akun tersebut dengan tanda pagar yang sesuai juga, maka transaksi dianggap sah dan selanjutnya langsung diproses. Saat tulisan ini dibuat, hanya ada beberapa produk yang bisa dibeli dengan menggunakan tanda pagar yakni Kindle Fire HD, gagang kendali Xbox, gift card American Express senilai 25 dolar, dan Sony Action Cam.

Jika layanan ini sukses, bukan tidak mungkin Twitter akan bekerjasama dengan penyedia kartu kredit lainnya. Demikian juga, jika berhasil, bisa jadi metode berbelanja online dengan tanda pagar ini akan mengubah pasar e-commerce dengan cukup drastis. Menarik untuk disimak bagaimana keberterimaan layanan Sync with Twitter ini serta efeknya terhadap pasar e-commerce secara keseluruhan.

 

Sumber: Slashdot.