Categories

Event

Pilih Solusi Terbaik Lewat Online Voting Future City Hackathon

Sesi voting publik ini akan dibuka mulai tanggal 22 Agustus hingga 27 Agustus 2020.

Ilham Sanjaya - 22 August 2020

Rangkaian Future City Hackathon kini telah memasuki minggu terakhir penyelenggaraannya. Sembilan startup yang terpilih untuk mengikuti hackathon ini juga telah mendapatkan mentorship dari para expert di bidangnya. Mentorship tersebut juga bertujuan untuk membantu mereka mengembangkan produknya, sehingga dapat diintegrasikan dengan Jakarta Smart City (JSC) dalam mengatasi berbagai tantangan new normal.

Setelah mengikuti kegiatan mentorship dan melakukan presentasi finalnya kemarin (21/08), kini waktunya para peserta memasuki masa penjurian yang akan dilaksanakan pada Rabu, 26 Agustus 2020, pukul 14.00 sampai dengan 17.00 WIB. Sesi penjuriannya juga dapat disaksikan secara LIVE di Youtube Jakarta Smart City. Penjurian ini dilakukan untuk memilih 1 pemenang terbaik yang akan mempresentasikan solusinya ke para Advisor Boards. Pemenang terbaik tersebut akan mendapatkan hadiah sebesar €1.500, yang diberikan pemerintah kota Berlin sebagai bagian dari kerja sama sister city Berlin-Jakarta.

Selain itu, warga Jakarta juga dapat ikut serta berpartisipasi dalam memilih solusi favorit yang dirasa paling dapat menjawab permasalahan warga dalam masa new normal ini, tanpa mempengaruhi proses penjurian. Peserta yang mendapatkan hasil voting terbanyak akan menjadi pemenang terfavorit dalam rangkaian Future City Hackathon ini..

Untuk dapat lebih mengenal startup-startup yang bisa dipilih, berikut kami berikan uraian singkat tentang sembilan startup terbaik yang saat ini tengah mengikuti rangkaian Future City Hackathon.

8villages (Smart Economy)

Sejak didirikan pada tahun 2012, 8villages fokus dalam percepatan modernisasi di daerah pedesaan, khususnya terkait masalah-masalah pertanian. Melalui produk-produknya, 8villages memudahkan para petani untuk terhubung dengan konsumen di perkotaan, serta pengelolaan dan pengiriman barang pertanian. Selain itu, mereka juga menyediakan platform yang membantu para petani saling bertanya dan berbagi informasi terkait pertanian dengan para ahli dan praktisi.

Birru (Smart Living)

Birru merupakan startup yang menyediakan beberapa solusi on-premise yang bisa diintegrasikan langsung ke aplikasi perusahaan. Beberapa fitur yang disediakan adalah video chat, screen and file sharing, whiteboard, hingga meeting transkrip. Meski diintegrasikan dengan pihak ketiga, keamanan data perusahaan tetap dapat terjaga karena penyimpanan dilakukan di server internal perusahaan.

Braga Technologies (Smart Governance)

Melalui pendekatan geospasial, Braga menghadirkan solusi inovatif yang dapat dimanfaatkan berbagai sektor, termasuk pemerintahan. Startup asal Bandung ini juga telah menghadirkan beberapa produk yang membantu penanganan COVID-19 seperti Pandan (Pasar Andalan), Intan (Indonesia Bertahan), serta Apply (APD Supply).

Bullyid Indonesia (Smart Governance)

Fokus pada perlindungan korban bullying dan bentuk kekerasan lainnya, Bullyid menyediakan dukungan terkait kesehatan mental dan bantuan pengetahuan hukum kepada mereka yang membutuhkan melalui platformnya secara gratis. Bentuk dukungan ini juga membantu mereka yang membutuhkan dukungan-dukungan tersebut akibat pandemi COVID-19. Selain itu, melalui platformnya, Bullyid juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan terkait hak-hak para korban cyberbullying dan juga kasus kekerasan fisik dan mental lainnya.

Doktersiaga (Smart People)

Startup Doktersiaga menyediakan platform chatbot rumah sakit yang dapat digunakan sebagai virtual health assistant (VHA). Bagi pasien, platform ini dapat membantu mereka untuk mendapatkan informasi terkait jadwal dokter dengan cepat dan mudah. Bagi pihak rumah sakit, platform ini dapat membantu mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan pasien dengan otomatis, termasuk menerima pendaftaran pasien yang ingin berobat.

IZY.ai (Smart Living)

Melalui kemitraannya dengan berbagai hotel, IZY.ai menyediakan layanan pramutamu digital (mobile concierge) melalui platformnya. Digitalisasi layanan perhotelan ini diyakini dapat memungkinkan hotel untuk memberikan penawaran layanan yang lebih banyak kepada para tamu. Selain itu, kemudahan interaksi yang dihadirkan juga membantu hotel untuk meningkatkan pendapatan dari konsumsi tamu selama menginap.

Sehati (Smart People)

Sehati merupakan startup yang menyediakan platform akses pelayanan kesehatan maternal berbasis teknologi. Melalui produk-produknya, Sehati dapat memberikan screening awal untuk mengetahui risiko yang dimiliki ibu sekaligus melakukan deteksi dini dalam pencegahan peningkatan angka kematian ibu dan anak. Sehati juga memiliki produk berbasis IoT bernama Sehati TeleCTG untuk digunakan bidan dalam mendeteksi detak jantung bayi, pergerakan bayi, serta kontraksi ibu.

Smash (Smart Environment)

Pengelolaan yang masih belum maksimal dan distandarisasi dengan baik menjadi alasan Smash untuk membuat platform terintegrasi untuk sistem online manajemen sampah. Beberapa platform yang dimiliki adalah Banksampah.id, mysmash, e-smash, dan Smart Drop Box. Melalui integrasi tersebut, pemerintah dapat memaksimalkan pengelolaan sampah di DKI jakarta sekaligus mendorong partisipasi aktif masyarakat.

Sonicboom (Smart Mobility)

Sonicboom merupakan startup berbasis IoT yang fokus terhadap deteksi mobilitas dan pergerakan masyarakat. Melalui aplikasinya, Sonicboom memungkinkan terjadinya pengiriman data melalui gelombang audio dengan maupun tanpa internet. Aplikasi ini juga dapat membantu kegiatan pemantauan tempat padat pengunjung serta deteksi pergerakan manusia di dalam gedung.

Anda juga dapat menggali informasi lebih banyak terkait startup-startup tersebut dengan menyaksikan sesi interview mereka beberapa waktu yang lalu di Youtube DailySocial TV.

Bila Anda telah mengetahui startup mana yang dapat memberikan solusi terbaik dalam menjawab tantangan new normal tersebut, jangan ragu untuk berikan voting Anda sekarang juga dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kunjungi website futurecity.jakarta.go.id.
  2. Kilik “vote here
  3. Sign in dengan menggunakan akun google, Anda hanya dapat memberikan voting sebanyak satu kali.
  4. Pilih solusi favorit Anda.

Sesi voting publik ini akan dibuka mulai tanggal 22 Agustus hingga 27 Agustus 2020. Lalu para pemenang utama dan terfavorit dari Future City Hackathon ini akan langsung diumumkan pada tanggal 28 Agustus 2020.

The Future City – The Virtual Smart City Hackathon diselenggarakan oleh Smart Change berkolaborasi dengan Jakarta Smart City dan didanai oleh Uni Eropa. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi futurecity.jakarta.go.id

host logo

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter