1. DScovery

Open Source: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Open source adalah perangkat lunak yang kode sumber atau kode dasarnya dapat digunakan dan dimodifikasi oleh pengguna. 

Kamu mungkin pernah mendengar istilah open source di bidang teknologi informasi, khususnya di bidang software atau aplikasi. Open source umum dikenal juga sebagai pendekatan yang mudah untuk kolaborasi antara pengguna atau publik dalam menggunakan aplikasi atau program komputer tertentu. Jadi bagi kamu yang baru mengenalnya dan belum pernah mendengar tentang open source, simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Apa Itu Open Source?

Istilah open source umumnya mengacu pada segala sesuatu yang dapat dimodifikasi dan dibagikan di antara pengguna open source. Open source pada awalnya dikenal di bidang pengembangan perangkat lunak sebagai OSS atau Open Source Software. Hal itu sendiri adalah kode pengembangan yang dapat dilihat, dimodifikasi, dan dibagikan oleh publik atau siapa saja sesuai keinginan.

Secara teknis, open source mengacu pada pengembangan open source terdistribusi dan kolaboratif. Ini juga didukung oleh peer review dan produksi komunitas. Sebagai produk yang paling banyak digunakan dan komprehensif, open source software cenderung lebih murah dan lebih fleksibel daripada produk eksklusif serupa.

Jadi, open source dapat diartikan sebagai software yang source code atau base code-nya dapat digunakan oleh banyak orang. Selain itu, kamu dapat menggunakan software ini untuk mengembangkan aplikasi dan membuat software versi terbaru.

Jenis-jenis Software Open Source

Berikut ini adalah beberapa software open source yang biasa digunakan untuk tujuan bisnis.

1. Open source office software

Open source office software adalah software yang mendukung produktivitas kantor berdasarkan open source. Jenis perangkat lunak open source ini biasanya mencakup aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, spreadsheet, database, grafik, dan presentasi. Beberapa kantor OSS termasuk Libre Office, Open Office dan Abiword.

2. Open source accounting software

OSS accounting adalah software akuntansi yang digunakan untuk mengelola pembukuan dan pengelolaan keuangan di suatu perusahaan atau institusi. Jenis perangkat lunak open source ini dapat membantu mengumpulkan data dan informasi akuntansi, mengelola akun, dan mengotomatiskan tugas akuntansi berulang. Contoh perangkat lunak open source jenis ini adalah GNU Cash, Front Accounting, dan Odoo.

3. Open source website software

Jenis perangkat lunak web open source ini adalah OSS berbasis akses terbuka dan web terbuka. Website ini umumnya dapat dibuat dan digunakan secara terbuka dengan penawaran gratis maupun berbayar. Beberapa contoh software website open source adalah WordPress, Joomla dan NginX.

4. Open source browser and communication apps

Open source browser and communication apps adalah perangkat lunak mesin peramban yang bebas digunakan. Pada saat yang sama, OSS Communication pada dasarnya adalah layanan berbagi email atau pesan. Contoh perangkat lunak open source jenis ini adalah Mozilla Firefox, Mozilla Thunderbird dan Pidgin.

Kelebihan dan Kekurangan Open Source

Segala sesuatu yang ada pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Di bawah ini adalah kelebihan dan Kekurangan dari perangkat lunak open source.

Kelebihan

• Membutuhkan biaya lebih sedikit dan biasanya gratis.

• Dapat dimodifikasi dan dikembangkan secara mandiri.

• Dapat membuat versi perangkat lunak sendiri.

• Ketika muncul masalah software, kemungkinan dapat diselesaikan dengan sendirinya tanpa bantuan pengembang.

Kekurangan

• Keamanan kurang terjamin.

• Manual instruksi perangkat lunak sulit dipahami oleh pengguna biasa.

• Minim dukungan pengembang.

Demikian pembahasan kita mengenai perangkat lunak open source, semoga kamu lebih mengerti ya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again