1. Startup

OpenRice Coba Masuki Pasar Indonesia

OpenRice, sebuah perusahaan online asal Hongkong yang berkecimpung sejak 1999 resmi telah masuk ke pasar Indonesia. Dan tidak tanggung-tanggung, OpenRice ini sepertinya menghabiskan banyak uang untuk promosi dan partnership dengan beberapa media konvensional besar Indonesia. Sebelumnya OpenRice juga telah sukses di beberapa negara seperti Cina, Filipina dan juga Singapura.

Konsepnya sendiri hampir mirip dengan SendokGarpu, pemain lokal yang juga sudah sangat lama berkecimpung di dunia makanan dan restoran Jakarta. OpenRice juga mencoba mengambil konsep User Generated Content dengan mengandalkan konten review restoran yang masuk berasal dari user itu sendiri. Dari sini nantinya akan terbentuk sebuah komunitas online "tukang review" yang jujur saja sih (menurut saya) merupakan konsep yang agak basi.

Kenapa basi? Semua situs sekarang mengandalkan review dan komunitas namun effort untuk community building masih minim sekali. Saya pribadi melihat effort community building seperti ini harus ditunjang dengan kegiatan yang bersifat offline, mungkin kopdar atau hangout bersama. Mungkin juga hal ini sedang diusahakan oleh pihak OpenRice.

Satu hal yang pasti, di Indonesia sudah ada SendokGarpu yang bisa dibilang pemimpin pasar di bidang review makanan. Ada juga Koprol dan Urbanesia yang sedikit banyak menyinggung juga review makanan/ restoran, lalu beberapa waktu silam juga ada Goorme yang memiliki pondasi komunitas online yang juga cukup kuat. Apakah OpenRice mampu bertahan di Indonesia?

Bagaimana menurut anda?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again