1. Startup

Opera 12 Andalkan Fitur Penggunaan Kamera

Opera merilis peramban web terbarunya, Opera 12, Kamis kemarin. Setelah menjalani 2 bulan masa beta, versi rilis peramban web baru ini kini mulai bisa diunduh melalui situs Opera di halaman ini.

Salah satu fitur andalan Opera 12 ini adalah kemampuan peramban web-nya untuk memanfaatkan kamera yang terpasang pada laptop/komputer yang dipakai. Peramban web akan meminta izin pengguna sebelum mengaktifkan penggunaan kamera. Fitur ini memungkinkan pengembang membuat aplikasi web yang menggunakan kamera. Contoh aplikasi yang memanfaatkan fitur ini adalah aplikasi-aplikasi buatan Shinybooth seperti Photobooth, Polaroid Taker, dan Facekat.

Jika Photobooth dan Polariod Taker merupakan aplikasi untuk berfoto, Facekat merupakan sejenis game yang memanfaatkan kamera. Game ini dimainkan dengan menggerak-gerakkan kepala untuk menghindari asteroid yang datang. Pengguna akan tampak lucu saat menggerak-gerakkan kepala di depan kamera saat memainkan game ini. Facekat dan aplikasi-aplikasi lain menemui kegagalan saat dibuka dengan peramban web lain.

Selain kamera, Opera 12 juga memungkinkan pengguna mengubah-ubah theme yang dipakai. Pengguna dapat memilih satu dari ratusan theme yang ada pada galeri theme Opera. Dalam rilis beritanya, Opera menyebut warna-warni theme dari peramban web terbarunya akan membantu mengusir kejenuhan bagi pengguna yang seharian berada di depan peramban web.

Tertarik menggunakan Opera 12? Anda bisa mengunduh sendiri peramban web ini melalui situs Opera. Untuk pengembang yang ingin mengembangkan aplikasi untuk Opera 12, Anda bisa membaca dokumentasi lengkapnya pada halaman ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again