Categories

Game

Opera Akuisisi Pengembang Engine GameMaker dan Dirikan Divisi Opera Gaming

Semuanya berawal dari browser eksperimental Opera GX

Glenn Kaonang - 21 January 2021

Pada pertengahan tahun 2019 lalu, Opera meluncurkan sebuah browser unik bernama Opera GX yang didedikasikan untuk para gamer. Per bulan Desember 2020 kemarin, Opera GX tercatat memiliki sekitar 7 juta pengguna aktif bulanan, naik 350% dibanding setahun sebelumnya.

Namun siapa yang menyangka kalau eksperimen ini pada akhirnya memicu ketertarikan ekstra terhadap industri gaming bagi Opera. Di tahun 2021 ini, Opera rupanya sudah siap untuk menceburkan kakinya lebih dalam lagi ke sektor gaming, dan langkah tersebut mereka awali dengan mengakuisisi YoYo Games, perusahaan asal Skotlandia yang dikenal sebagai developer dari GameMaker Studio 2.

GameMaker merupakan game engine 2D yang cukup populer di kalangan developer indie. Software ini sudah eksis selama lebih dari dua dekade, dan telah membantu melahirkan sejumlah game indie legendaris macam Spelunky maupun Hotline Miami. GameMaker juga banyak dipakai oleh orang-orang yang tertarik menciptakan video game, tapi tidak punya waktu untuk mendalami dunia programming secara intensif.

Permainan yang digarap menggunakan GameMaker bisa dijalankan di banyak platform, termasuk halnya di browser. Kendati demikian, Opera tidak punya niatan untuk menciptakan game eksklusif buat Opera GX. Tujuan yang hendak dicapai adalah menciptakan komunitas di kalangan pengguna Opera GX, sekaligus menawarkan software GameMaker Pro 2 ke kalangan developer.

Spelunky, salah satu game indie populer yang dikerjakan menggunakan GameMaker / Steam

Pada kenyataannya, akuisisi senilai $10 juta atas YoYo Games ini menjadi basis atas dibentuknya divisi baru Opera Gaming, yang akan berfokus mengembangkan kapabilitas sekaligus peluang monetisasi Opera di ranah gaming. Singkat cerita, Opera melihat peluang yang menjanjikan di sektor gaming, dan mereka tidak segan menginvestasikan sumber daya yang lebih banyak lagi di sini.

Sejauh ini Opera memang belum menyingkap rencana konkretnya mengenai Opera Gaming. Menyinergikan Opera GX dan GameMaker semestinya menjadi salah satu agenda mereka, tapi spesifiknya seperti apa masih belum diketahui. Apakah nantinya Opera GX bakal dilengkapi akses cepat ke forum GameMaker, sehingga para developer bisa saling berbagi insight dengan mudah?

Semuanya memang masih sebatas spekulasi, tapi pastinya akan sangat menarik melihat upaya Opera mendiversifikasi bisnisnya ke ranah gaming.

Sumber: VentureBeat dan PR Newswire.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter