1. Startup

Opera Ngeyel, Siapkan Opera Mini Untuk iPhone

Menjelang Mobile World Congress 2010 15-18 Februari besok di Barcelona, Opera membuat pengumuman yang mengejutkan: mereka akan memberi preview aplikasi browser Opera Mini untuk iPhone.

Kenapa mengejutkan? Masalahnya, seperti kita ketahui kalo semua aplikasi iPhone yang legal harus melewati proses persetujuan dari Apple hingga bisa nongol di App Store. Dan Apple punya kebijakan untuk menolak aplikasi yang mengandung fungsionalitas yang sudah tersedia di aplikasi dasar iPhone seperti pemutar media, klien e-mail, dan tentunya termasuk web browser.

Mengingat kebijakan di atas, jadi secara logika sih kemungkinan Opera Mini untuk iPhone bisa hadir di App Store adalah nol. Jangan harap Oom Steve mau membiarkan satu fungsi paling krusial dari device kesayangannya ini diambil alih oleh pihak ketiga.

Opera Mini pastinya udah bukan barang asing, apalagi buat orang kita yang menjadi pengguna terbesar nomer dua di dunia. Total di dunia penggunanya sudah 46 juta lebih . Penetrasi Opera Mini yang mengagumkan di sini didukung oleh menjamurnya handphone-handphone Cina yang mengaku "bisa Facebook-an" dengan harga murah. Silakan tengok genggaman mbak-mbak penjaga toko di ITC kalau mau tau udah sampai sejauh mana pemakaian Opera Mini di sini.

Kembali ke topik awal, jadi sebenernya buat apa juga Opera ngotot bikin Opera Mini di iPhone? Safari saat ini udah bertugas dengan sangat baik, dan kayaknya ngga ada fitur kelebihan Opera Mini yang bisa bikin orang pindah browser selain kefanatikan akan brand. Secara fitur pun dua-duanya sama kuatnya, dan sama lemahnya. Tabbed browsing, pengaturan ulang layout untuk layar kecil, zoom in/out, dua-duanya ada. Beda dengan misalnya Blackberry yang browser native-nya memang ngga senyaman Opera Mini. Udah gitu dua-duanya juga sama-sama ngga mendukung Flash dan script AJAX yang kompleks. Sedikit kelebihan Opera Mini ada di sinkronisasi bookmark dan akun dengan browser Opera lainnya, tapi palingan hanya akan memikiat para hardcore fanatik Opera.

Keuntungan Opera bila dapat menarik pengguna adalah mereka menjadi gateway lalu lintas internet terbesar, karena semua website yang dibuka lewat Opera Mini akan melewati server Opera terlebih dahulu untuk dikompres dan ditata ulang supaya lebih cepat dan nyaman untuk dilihat di layar kecil. Dari situ mereka bisa mendapat data perilaku berselancar mobile dari seluruh dunia untuk kemudian dipakai.. entah apa.

Jadi apakah ini cuma demi gengsi tagline "Opera Mini is the next generation mobile browser for any mobile phone"? Atau taktik komunitas open source untuk menggebrak kediktatoran Apple? Sekedar show of force dari mobile browser terbesar di dunia untuk menggalang dukungan agar taman terkunci yang bernama iTunes App Store itu terbuka bebas?

Kalo ada yang tau kelebihan Opera Mini apa lagi, atau ada teori konspirasi lain tentang tujuan Opera, silakan komen yah.

[edit: sori, Opera bukan open source, kepikirannya browser besar lainnya itu :D]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again