1. Startup

Optimisme Igloo Digitalkan Sistem Keagenan Asuransi

Berencana boyong produk Asuransi Indeks Cuaca berbasis blockchain untuk petani ke Indonesia pada tahun ini

Walau digitalisasi tumbuh pesat, ternyata belum mampu menggeser peranan manusia dalam memasarkan produk asuransi. Peran mereka dinilai vital dalam meningkatkan penetrasi, inklusi, dan literasi asuransi yang angkanya masih rendah di Indonesia.

Kendati begitu, operasional para agen asuransi ini belum sepenuhnya terdigitalisasi, masih melibatkan proses manual untuk penerbitan polis, misalnya. Belum lagi terdapat aturan dari regulator yang membatasi mereka untuk menjual produk dari berbagai perusahaan asuransi.

Di saat bersamaan, mereka juga dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi dan pengetahuannya. Kesempatan tersebut digarap oleh sejumlah pemain insurtech, salah satunya adalah Igloo melalui Ignite, produk khusus keagenan asuransi.

"Agen asuransi itu sangat penting hadir di Indonesia karena kebanyakan orang mau beli asuransi berdasarkan relationship dan kepercayaan mereka kepada agennya. Terlebih itu ada gap, secara tradisional kerja mereka lama, produknya terbatas. Dari sisi kami ingin bantu mereka dengan aplikasi yang dibuat menyesuaikan kebutuhan agen," terang Country Manager Igloo Indonesia Henry Mixson saat ditemui DailySocial.id.

Country Manager Igloo Indonesia Henry Mixson / Igloo

Aplikasi Ignite kini ditenagai dengan fitur yang lebih lengkap, berfokus membantu agen dalam pekerjaan administratif dan penawaran produk, serta membantu para pelanggan menemukan produk yang tepat. Fitur-fitur tersebut di antaranya:

  1. Tampilan antar muka didesain untuk pengalaman menjelajah yang lebih cepat dan lancar;
  2. Fast quote mempersingkat alur pembelian dengan menghitung premi dan menghasilkan penawaran hanya dalam hitungan detik;
  3. Proses pembayaran yang terjamin membantu pelanggan bertransaksi dengan rasa aman dan nyaman;
  4. Alat manajemen data untuk tim dan penjualan menggunakan teknologi analisis data dan mengurangi waktu pelaporan manual;
  5. Pelacakan dan pelaporan komisi yang langsung disambungkan ke rekening bank agen secara real-time.

"Mitra (sebutan agen di Igloo) bisa monitor nasabah mereka, produk apa saja yang dibeli nasabahnya, cek pendapatan, komisi, dan poinnya. Lalu ada juga artikel dan video agar mereka semakin teredukasi."

Igloo bekerja sama dengan belasan perusahaan asuransi meracik lebih dari 30 paket asuransi umum, termasuk asuransi kendaraan, perjalanan, kecelakaan diri, dan properti. Sejumlah perusahaan asuransinya adalah Asuransi Mega Syariah, Asuransi Rama, Asuransi Tugu, Asuransi Staco Mandiri, dan Asuransi Sinar Mas.

Bidik penambahan agen

Perusahaan mengincar para agen asuransi jiwa, agen perjalanan, agen properti, dan anggota MLM sebagai mitra Ignite. Henry menjelaskan, dengan menempatkan para agen sebagai mitra perusahaan, maka memungkinkan mereka untuk bergabung sebagai pengguna Ignite, dan menjual berbagai produk asuransi dari banyak perusahaan.

Terlebih itu, para agen asuransi jiwa existing biasanya sudah memiliki jaringan nasabah, yang mana mereka pasti punya kebutuhan untuk membeli asuransi umum, dan hal pertama yang dilakukan nasabah tersebut adalah menanyakannya ke agen mereka.

"Jadi agen asuransi jiwa ini tetap buka relationship dengan konsumennya. Salah satunya kita lengkapi dengan Ignite. Mereka bisa berjualan semua produk asuransi yang ber-partner dengan Igloo, menawarkan asuransi mobil dari perusahaan asuransi mana saja yang cocok dengan preferensi konsumennya."

Dari segi edukasi, para agen asuransi jiwa ini biasanya terbilang lebih familiar untuk mempelajari produk asuransi umum yang lebih simpel daripada produk asuransi jiwa. Walau begitu, Igloo juga menyasar para mitra asuransi berasal dari kalangan agen properti dan agen perjalanan. Kedua bisnis ini juga erat kaitannya dengan kebutuhan untuk mencari asuransi.

"Kami juga mengincar para mitra dari kalangan non-agen, seperti masyarakat umum, anggota multi level marketing. Memang proses edukasinya lebih panjang karena harus training, asah soft skill-nya. Tapi aplikasi ini sudah intuitif, untuk knowledge-nya bisa belajar dari aplikasi."

Ignite tidak hanya hadir di Indonesia, juga hadir di Vietnam, mengingat Igloo adalah perusahaan regional yang beroperasi di sejumlah negara. Diklaim jumlah mitra yang bergabung di Ignite saat ini sebanyak 22 ribu orang. Tidak dirinci masing-masing kontribusi dari kedua negara ini, begitupun peta persebarannya ada di mana saja.

Ditargetkan sampai akhir tahun ini Igloo dapat meningkatkan jumlah mitranya hingga 50 ribu orang dan menjual polis dengan peningkatan hingga 50 kali lipat (Gross Written Premium) dibandingkan tahun sebelumnya. Walau target naik, perusahaan berkomitmen untuk tetap menjaga kualitas pelayanan para mitranya, mengingat bisnis asuransi ini bicara mengenai kepercayaan orang. Target tersebut juga akan dicapai dengan ekspansi Ignite ke negara lainnya.

Tidak hanya jumlah agen, perusahaan juga akan menambah rangkaian produk asuransi yang dapat dijual para agen. Menurutnya, DNA perusahaan adalah inovasi berdasarkan data, jadinya akan selalu sigap dengan semua masukan di lapangan.

Henry juga membuka kemungkinan untuk mulai menjual produk asuransi jiwa, namun untuk produk tertentu saja. "Kita mengedepankan affordability dan accessibility, misal ada nasabah yang sudah punya life insurance tapi belum ada yang cover critical illness misalnya, bisa ditambahkan."

Produk asuransi lainnya

Sebagai full-stack insurtech, Igloo tidak hanya bermain di bisnis keagenan asuransi saja, tapi juga B2B2C dan direct-to-consumer (situs & aplikasi). Salah satu produk inovatif yang sudah dirilis perusahaan adalah Asuransi Indeks Cuaca berbasis blockchain untuk petani.

Henry mengungkapkan produk tersebut baru hadir di Vietnam, dan kini sedang dipersiapkan kehadirannya di Indonesia. Hanya saja, ia belum bisa memberikan detail spesifik mengenai waktunya. Ia berdalih bahwa perusahaan masih berdiskusi dengan berbagai pemangku kepentingan mengenai skema model bisnisnya.

"Kami masih coba dari beberapa channel, bisa dengan kementerian terkait, perbankan yang kasih pinjaman ke petani, asosiasi petani, atau startup. Kami ingin edukasi para petani yang punya kebutuhan ini tapi enggak tahu kalau ada produk ini."

Menurutnya, produk asuransi ini menggunakan smart contract yang dapat mengotomatisasi klaim berdasarkan tingkat curah hujan yang terjadi. Bila menggunakan asuransi konvensional biasanya harga premi yang dipatok mahal karena harus didatangi petugas, baik saat beli premi ataupun klaim.

More Coverage:

"Petani jadi susah untuk beli, belum lagi ada kecenderungan scam. Nanti ketika petani beli tinggal masukkan lokasi, jenis tanaman, dan luas sawah. Bila cuaca jelek, tanpa mereka harus klaim sendiri, secara sistem akan langsung dibayarkan."

Produk ini nantinya akan dijual mulai dari seharga puluhan ribu saja dan dihitung berdasarkan musim tanam dan per hektar tanah.

Di Vietnam, perusahaan menggunakan data-data dan bekerja sama dengan PVI Insurance, Administrasi Meteorologi dan Hidrologi Vietnam (VNMHA), Saigon Hanoi Insurance Corporation (BSH), dan reasuransi internasional SCOR untuk memperluas Asuransi Indeks Cuaca ini kepada petani kopi, dari sebelumnya untuk petani padi.

Harga preminya mulai dari VND 1.000.000 (Rp600 ribu) per hektar, dengan area cakupan minimum 0,1 hektar dan cakupan hingga VND 40.000.000 (Rp25,6 juta) per hektar. Diluncurkan akhir tahun lalu, Asuransi Indeks Cuaca untuk petani padi kini telah mencakup lebih dari 6.000 hektar sawah di 8 provinsi di Vietnam.

"Bahkan kami sedang mengembangkan produk yang lebih universal, jadi bisa untuk semua jenis tanaman karena pada dasarnya ini semua bergantung pada cuaca," pungkasnya.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again