1 March 2016

by Glenn Kaonang

Sikat Gigi Elektrik Terbaru Oral-B Bisa Tahu Letak Posisinya di Dalam Rongga Mulut

Sekaligus mengenali bagian mana yang belum tersentuh olehnya, lalu meneruskan informasi tersebut ke smartphone pengguna

Mobile World Congress tidak melulu tentang smartphone. Di event MWC 2016 kemarin, Oral-B sempat mencuri perhatian dengan sebuah sikat gigi pintar. Begitu pintarnya, Oral-B tak segan menjulukinya dengan nama Genius.

Sepintas Oral-B Genius tampak tidak jauh berbeda dari sikat gigi elektrik pada umumnya. Namun ia sebenarnya sudah dibekali teknologi Position Detection yang memadukan sensor pendeteksi gerakan dan kamera milik smartphone. Sederhananya, sikat gigi ini bisa tahu letak posisinya di dalam rongga mulut Anda, sekaligus mengenali bagian mana yang belum tersentuh olehnya.

Oral-B Genius datang bersama sebuah mount untuk smartphone yang bisa ditempelkan pada cermin. Peran smartphone di sini sangat penting karena semua informasi tentang bagian-bagian rongga mulut mana yang belum disikat secara maksimal akan ditampilkan lewat sebuah aplikasi pendamping.

Selain sensor pendeteksi gerakan, Genius turut dilengkapi dengan sensor tekanan yang bertugas untuk mengurangi kebiasaan buruk pengguna dalam menggosok gigi setiap harinya, yakni memberi tekanan yang terlalu kuat, yang bisa menjadi penyebab abrasi saraf gusi. Jadi saat hal ini terjadi, Genius akan menyesuaikan kecepatannya secara otomatis sebagai bentuk kompensasi.

Oral-B Genius menggunakan baterai rechargeable yang dapat bertahan hingga dua minggu sebelum perlu diisi ulang. Sikat gigi pintar ini rencananya bakal dipasarkan mulai bulan Juli 2016, sayang sampai sejauh ini belum ada bocoran mengenai banderol harganya.

Sumber: Engadget dan SlashGear.