1. Startup

Orori Targetkan Pertumbuhan Penjualan dan Perkenalan Model Bisnis Baru di Tahun 2015

Orori, toko online yang khusus untuk menjual perhiasan emas, berlian, dan logam murni, baru-baru ini mendapatkan pendanaan dari Ideosource, IMJ Investment Partners, East Ventures, and 500 Startups. Co-Founder Orori George Budi Sumantri mengatakan akan menggunakan dana segar tersebut untuk menggenjot pertumbuhan, namun belum ingin mengumbar untuk beriklan besar-besaran.

Orori menargetkan pendapatan sebanyak $1 juta per bulan di tahun 2015. Target awal yang dipasang untuk transaksi selama tahun 2015 adalah sebanyak 20 ribu transaksi. “Itu target awal yah, kalau bisa sih lebih dari situ,” ujar George.

George juga mengatakan bahwa rencananya tak sebatas meningkatkan penghasilan, tetapi juga kuantitas. “Kalau nilai revenue-nya membesar namun kuantitasnya juga harus membesar, artinya semakin banyak pelanggan baru. Harus seimbang antara value barang dan jumlah transaksi,” ungkapnya.

Untuk mencapai semua itu, Orori belum ingin beriklan secara besar-besaran, “Fokus growth-nya tidak hanya dengan marketing, tetapi juga pengembangan produk, utilize user, dan memperkuat tim internal. Meski mendapat funding kami akan spend itu seperlunya,” jelas George.

Saat ini tim Orori ada 40 orang. George mengatakan “Masih belum banyak, namun saya melihat efisiensinya. Kalau pun bertambah nanti akan dicari yang skill-nya benar-benar dibutuhkan.”

Fokus ke produk

Dalam mengejar penjualan, Orori juga berencana akan mengeluarkan koleksi perhiasaan yang lebih ramah kantong. George mengungkapkan, “Murah dalam tanda petik, mungkin koleksi perhiasan yang gram atau diamond-nya lebih kecil,”

Saat ini George mengakui sebenarnya pertumbuhan Orori sudah mencapai 30 persen per bulan, namun ia tak ingin berpuas diri. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penjualan Orori akan membangun tim research and development untuk produk.

“Tugasnya untuk memikirkan koleksi perhiasan eksklusif yang hanya bisa didapatkan di Orori. Sebab kami punya akses langsung ke pabrik dan supplier,” ujarnya.

Itu semua merupakan upaya Oror,  dari sisi produk, untuk menarik lebih banyak pembeli. Kelebihan Orori adalah kemampuan untuk memproduksi karena keluarga besar George sendiri sudah berada di bisnis perhiasan sejak lama dan ia mempunyai jaringan pabrik dan supplier yang tersebar di dalam dan luar negeri.

Mempersiapkan user untuk menerima model bisnis baru

Saat ini Orori sudah memiliki 25 ribu pengguna yang terdaftar. Pihak masih menjajaki pengembangan sistem penggadai untuk tahun depan. “Kami sedang mempelajari legal-nya, sebab pegadaian online di sini masih baru. Kalau di Amerika sudah siap,” jelasnya. (Baca juga: Toko Perhiasan Online Orori Akan Kembangkan Sayap Buka Layanan Gadai Pada 2015)

Selain kesesuaian dengan aturan hukum yang dipersiapkan, George juga mengatakan user juga perlu dipersiapkan untuk konsep baru ini. Bisnis baru yang dijajaki oleh Orori adalah memungkinkan sesama user untuk bisa saling jual-beli koleksi perhiasan mereka.

“Untuk saat kami belum bisa lebih terbuka untuk hal tersebut. Intinya, kalau user jual emas ke kami, Orori punya ketentuan harga, nah kalau user jual ke user lain kemungkinan bisa dapat harga lebih tinggi dari kami dan lebih murah dari beli produk baru Orori,” jelasnya.

Tahun 2015 Orori mulai fundraising lagi untuk pendanaan Seri A, “Sudah ada yang tertarik, saya juga sudah punya angkanya namun belum bisa dibuka sekarang,” pungkas George.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again