28 May 2014

by Yoga Wisesa

Osmo, Perangkat Inovatif yang Mengkombinasi Mainan Fisik dan App Mobile Untuk si Buyung

Tidak bisa dipungkiri lagi, teknologi dan budaya internet telah meresap begitu jauh ke dalam keseharian kita, bahkan mempengaruhi cara kita mendidik dan berinteraksi dengan si buah hati. Walaupun memiliki dampak negatif, teknologi canggih bisa kita manfaatkan sebagai medium pembelajaran efektif, dan Osmo adalah salah satu perangkat mainan yang paling inovatif yang ada saat ini.

Untuk anak-anak yang telah melewati masa balita mereka, dalam bentang umur antara enam hingga 12 tahun, Osmo bisa menjadi perangkat edutaimen yang sempurna. Ini adalah mainan buatan Tangible Play yang dapat terintegrasi dengan iPad, sebuah set aksesori interaktif yang dapat dimainkan bersama beberapa aplikasi game di platform tersebut.

 

Info menarik:Β Aplikasi Android Pilihan 19 – 24 Mei 2014

 

Menjelaskan Osmo tanpa demonstrasi cukup sulit, tapi Anda bisa menganalogikannya sebagai sebuah aksesori, seperti Kinect untuk Xbox One.

Tapi tentu Osmo tidak secanggih perangkat besutan Microsoft itu walaupun pada dasarnya menggunakan pendekatan motion sensor yang sama. Beberapa game pertama Osmo ditujukan untuk anak-anak, seperti permainan puzzle block hingga merangkai kata.

Cara menggunakannya sangat mudah. Setelah mengeluarkan set permainan dari box, kita hanya perlu mengunduh game dan memasang cermin reflektor plastik di kamera depan iPad.

Aksesori kecil ini sangat esensial: ia membalik perspektif kamera dan mengarahkannya 90 derajat ke bawah. Dikombinasikan dengan kemampuan optik dan kecerdasan buatan canggih, zona di depannya berubah menjadi sebuah papan permainan tablet-top. Setelah terpasang, Anda bisa menggunakan objek fisik untuk mulai bermain.

Ada tiga buah app yang bisa si buyung nikmati, dan saya akan mencoba menjelaskannya dengan terperinci satu per satu.

Yang pertama adalah Words, ini merupakan sebuah game a la hangman yang mengadu dua orang pemain dengan meminta mereka memasukkan tile huruf untuk mengisi kolom kosong. App edutainmen kedua bernama Tangram. Pada dasarnya game ini merupakan permainan puzzle yang menantang Anda untuk mengikuti bentuk yang sudah ada di iPad dan meletakkannya dengan akurat.

Permainan ketiga-lah yang paling menarik perhatian. Ia diberi nama Newton, sebuah game fisik interaktif dimana Anda harus membuat bentuk agar bola virtual bisa sampai - atau menyentuh - lingkarang sasaran. Anda bisa memanfaatkan kertas dan spidol sebagai medium bermain, atau white-board dengan spidol marker yang bisa dihapus.

 

Info menarik:Β Ini Dia Detail dan Alamat Kantor PT. Apple Indonesia

 

Hebatnya, spidol, pulpen, kertas dan alat tulis lain bukanlah objek wajib untuk dapat memainkan Newton. Sang buah hati bisa memanfaatkan mainan-mainan yang ada untuk membuat bentuk yang mereka inginkan. Osmo dapat menterjemahkan semua ini ke dunia game digital dan pengguna dibebaskan berkreasi dengan apapun yang mereka suka.

Sekali lagi, tidak salah jika kita menyebut Osmo sebagai permainan tablet-top. Game-game yang disajikannya bukanlah sesuatu yang spesial, tapi dengan interaksi langsung menggunakan objek fisik, hal ini mengubah perspektif dan cara kita dalam menikmatinya menjadi jauh lebih menyenangkan. Dan seperti mainan tablet-top lain, Osmo paling mengasyikkan jika dinikmati bersama-sama.

Anda sudah diperbolehkan memesan Osmo sekarang juga. Untuk mereka yang pre-order dalam masa promosi hingga 22 Juni, Osmo hanya ditawarkan seharga US$ 49. Lewat dari masa itu, harga mainan inovatif ini akan naik menjadi US$ 99.

Via USA Today. Sumber: The Wall Street Journal.