5 December 2017

by Glenn Kaonang

Oura Ring Generasi Baru Datang dengan Desain Jauh Lebih Anggun dan Jeroan Lebih Mumpuni

Bentuknya sepintas mirip cincin pernikahan, bahkan salah satu modelnya mengemas sejumlah batu permata asli

Saat awal-awal beredar sekitar dua sampai tiga tahun yang lalu, mayoritas cincin pintar memiliki wujud seperti cincin akik, hanya saja tanpa akiknya. Teknologi miniaturisasi yang belum begitu matang membuat cincin-cincin pintar ini tampak lebih bongsor dibanding cincin biasa, sehingga pada akhirnya konsumen banyak yang tidak tertarik.

Lompat ke 2017, cincin pintar kini jadi semakin menarik perhatian. Lihat saja Oura Ring generasi baru. Dibanding generasi pertamanya yang memiliki permukaan atas yang besar, Oura Ring generasi baru ini jauh lebih ringkas. Sepintas wujudnya mirip seperti cincin pernikahan, bahkan salah satu variannya turut mengemas sejumlah batu permata.

Oura Ring baru ini hadir dalam dua model yang sedikit berbeda, yakni Heritage dan Balance. Heritage mengemas permukaan atas yang mendatar, sengaja dibuat agar menyerupai pendahulunya. Balance di sisi lain memiliki permukaan atas yang meruncing. Semuanya terbuat dari bahan titanium, bukan lagi zirconium seperti versi orisinilnya, dan tahan air hingga kedalaman 100 meter.

Sederet sensor yang tertanam di dalamnya, termasuk tiga tonjolan yang ada di interior cincin, bertugas untuk memonitor beragam parameter, mulai dari suhu tubuh, laju jantung beserta variabilitasnya, sampai fase tidur. Semua data yang dikumpulkan akan disimpan sampai sekitar enam minggu pada memory internalnya.

Data-datanya tentu saja bisa dipantau melalui aplikasi pendamping di smartphone. Secara keseluruhan Oura Ring ditujukan agar penggunanya bisa menyesuaikan aktivitas dengan ritme sirkadiannya sehingga semuanya lebih optimal. Baterai Oura sendiri diperkirakan bisa bertahan sampai satu minggu, dan perangkat rupanya juga mendukung wireless charging.

Pre-order untuk Oura Ring generasi baru saat ini sudah dibuka, tapi pengirimannya ke konsumen diestimasikan baru dimulai pada bulan April 2018. Soal harga, model Heritage dan Balance dibanderol mulai $239, sedangkan model Balance Diamond yang mengemas lima batu permata 0,005 karat dipatok $899.

Sumber: Wareable.