Categories

Interview

OVO Mantapkan Diri Jadi Platform Akomodasi Loyalitas Pengguna

Terafiliasi dengan berbagai layanan online dan offline, terutama di naungan grup bisnis Lippo

Randi Eka - 25 April 2017

Meluncur di bawah naungan LippoX (bisnis digital payment milik grup Lippo), OVO kiat memantapkan diri sebagai aplikasi finansial pengumpul poin. Sebagai platform cross-coalition loyalty program, OVO berkomitmen untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih menguntungkan kepada para pelanggannya. Terhitung baru mulai mematangkan debutnya awal tahun ini, OVO mengklaim telah memiliki ratusan rekanan merchant, di antaranya Hypermart, Agoda, First Media, Maxx Coffe, MatahariMall.com dan hampir semua gerai bisnis Lippo.

“Saat ini aplikasi OVO tidak hanya dapat digunakan pada wilayah Jabodetabek saja. Namun, OVO juga telah diperkenalkan di beberapa kota di Indonesia seperti Bandung, Yogyakarta, Palembang dan Medan. Ke depannya, kami berharap dapat memperluas jaringan dari pengguna OVO ke seluruh wilayah Indonesia,” ungkap Sales and Marketing Director OVO Johnny Widodo kepada DailySocial.

Secara sederhana aplikasi OVO digunakan untuk mengumpulkan poin sehabis berbelanja di merchant rekanan OVO. Ketika ingin mengklaim poin, pengguna di OVO Zone dapat menunjukkan OVO ID ke kasir, atau menunjukkan kartu keanggotaan (saat ini ada OVO-Hicard dan Matahari Rewards-OVO). Secara otomatis poin akan ditambahkan sesuai ketentuan.

Sedangkan untuk melakukan redeem, pengguna dapat membelanjakannya di OVO Zone dengan memasukkan nomor ponsel yang terdaftar di perangkat EDC OVO, atau menggunakan scan QR-Code/Barcode di kasir dengan aplikasi. Poin OVO secara otomatis akan dikonversi dengan nominal tertentu untuk kebutuhan belanja dan digunakan untuk melakukan pembayaran.

Ingin menjadi penyedia platform cross-coalition loyalty program terbesar

Untuk menjadi member OVO, pengguna cukup mendaftarkan nomor ponsel untuk registrasi awal. Beberapa informasi seperti One Time Password (OTP) akan dikirimkan untuk melakukan validasi pada saat melakukan operasi atau transaksi. Ketika sudah terdaftar, pengguna akan memiliki sebuah OVO ID, merupakan nomor identifikasi khusus yang dibuat berdasarkan permintaan saat pendaftaran.

“OVO juga telah bekerja sama untuk mengintegrasikan loyalty program dengan Hypermart dan Matahari Department Store dengan menghadirkan OVO-Hicard dan Matahari Rewards-OVO untuk menyempurnakan loyalty program yang sudah ada sebelumnya, yakni Hicard dan Matahari Club Card (MCC). Kerja sama ini akan menjadikan OVO sebagai loyalty program terbesar di Indonesia dengan potensi puluhan juta pengguna,” lanjut Johnny.

Hadir sepenuhnya sebagai platform cross-coalition loyalty program, OVO ingin memberikan mengakomodasi loyalitas pengguna dengan cara baru. Pengguna tidak dibatasi hanya dapat mengumpulkan dan menukarkan di satu merchant rekanan saja. Pengguna dapat mengumpulkan dan menukarkan di semua merchant rekanan OVO.

Integrasi layanan OVO di MatahariMall.com
Integrasi layanan OVO di MatahariMall.com

“Hal inilah yang menjadi keunggulan utama OVO jika dibandingkan aplikasi lainnya. Kehadiran OVO bukan sebagai lawan bagi aplikasi yang lain. Namun, OVO hadir untuk memberikan penawaran dan pengalaman yang berbeda bagi masyarakat Indonesia yang menggemari penggunaan loyalty program yang terintegrasi dan juga praktis,” jelas Johnny.

Untuk saat ini, OVO masih terus fokus mengembangkan dan menyempurnakan beberapa fitur. Beberapa inovasi baru akan diluncurkan guna meningkatkan performa dan kebutuhan pengguna. Saat ini OVO juga sudah dirilis dan mulai digunakan, untuk mendapatkan feedback dari pengguna aplikasi. Salah satunya untuk layanan pelanggan di MatahariMall.com. Sesegera mungkin OVO akan diperkenalkan (di-launching) secara lebih luas, namun belum dipastikan waktunya.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter