Gadget

Panasonic Pamerkan Baju Eksoskeleton Futuristis, Dispesialisasikan Untuk Industri

Baju eksoskeleton dikembangkan oleh Activelink, salah satu perusahaan in-house milik Panasonic.

Pengembangan 'jubah' eksoskeleton sudah dilakukan cukup lama, dan seringkali ia muncul di beragam karya fiksi. Fungsi utama dari perangkat ini adalah melindungi pengguna dari bahaya atau memungkinkan kita mengangkat objek berat. Dan sebuah perusahaan ternama Jepang mencoba mengaplikasikan gagasan eksoskeleton demi meningkatkan produktivitas dan keselamatan.

Lewat video, Panasonic menyingkap beberapa exo-suit futuristis yang bisa memberikan pemakainya kekuatan mengangkat beban berat serta kemampuan menempuh jarak jauh. Namun sebelum Anda membayangkan menggunakannya untuk jadi superhero ala Iron Man, Panasonic sebetulnya menitikberatkan perancangan pada keperluan industri serta demi membantu penyandang disabilitas. Perangkat meliputi Assist Suit AWN-03 dan PLN-01.

Panasonic menjelaskan, mereka memanfaatkan sistem kendali canggih serta teknologi sensor untuk menciptakan robot bermotor yang dapat membantu mekanisme tubuh manusia. Mengusung nama Assist Robot, baju eksoskeleton itu dikembangkan oleh Activelink, salah satu perusahaan in-house Panasonic. Lewat device tersebut, developer menawarkan kemudahan pada para pekerja dengan meringankan beban fisik.

AWN-03 dideskripsikan sebagai Assist Suit penopang punggung. Ia didesain khusus untuk mendukung area bawah tubuh, secara otomatis membaca gerakan user ketika ia mengangkat dan membawa objek berat - segera mengirim sinyal ke motor buat memicu mekanisme. AWN-03 juga menaikkan badan bagian atas saat kita bertumpu pada paha. Lewat teknik ini, tekanan ke area punggung bawah jadi berkurang sampai 15-kilogram.

Kapabilitas PLN-01 tidak kalah canggih. Diberi nama panggilan 'Ninja', eksoskeleton bisa meniru gerakan alami manusia, khususnya ketika berjalan atau berlari. Panasonic mencotohkan skenario penggunaan PLN-01: dalam proyek penghijauan hutan sewaktu Anda harus mendaki jalan setapak curam di pegunungan. Saat ini, Activelink sedang mengembangkan unit tubuh bagian atas Ninja, buat memudahkan pengguna membopong beban.

Panasonic sebetulnya sudah cukup lama mengeksplorasi ranah suit eksoskeleton. Tahun lalu, sang produsen asal Osaka itu sempat memamerkan eksoskeleton mirip robot Power Loader seperti di film Aliens.

Selain jajaran Assist Suit, Panasonic turut menyingkap Assist Robots untuk perawatan, contohnya adalah Resyone dan Self-Reliance Support Robot. Resyone ialah sebuah kombinasi antara tempat tidur elektrik dan kursi roda, dapat 'terbelah' dan berubah bentuk sewaktu diperlukan. Self-Reliance Support Robot sendiri bertugas membantu para orang tua, mampu memprediksi gerakan dan mengetahui apa yang sedang mereka kerjakan.

Via Wired. Sumber: Business Wire.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter