Berita

PANDI Kerja Sama dengan ICANN Tempatkan L-Root di Indonesia

Penempatan L-Root di Jakarta diharapkan akan menambah ketahanan sistem DNS di Indonesia

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) telah menjalin kerja sama dengan Internet Corporation For Assigned Names and Numbers (ICANN) untuk pengelolaan server L-Root yang ditempatkan di Jakarta. Menurut keterangan di situs resmi PANDI server L-Root ini berfungsi untuk meningkatkan tingkat toleransi kesalahan dan ketahanan Domain Name System (DNS) di Indonesia terhadap serangan-serangan cyber seperti Distributed Denial of Service (DDoS).

Pemasangan L-Root di Indonesia ini akan melengkapi dua server root lain yang sudah terlebih dahulu dipasang di Indonesia yakni I-Root dan F-Root. “Kami sangat senang menjadi host untuk L-Root yang merupakan server root ketiga di Indonesia, di samping I - ada dan server F-Root. Hal ini penting untuk meningkatkan kehandalan, kecepatan, dan ketahanan,” ungkap Ketua PANDI Andi Budimansyah.

Hadirnya server root ketiga di Indonesia ini juga bisa menjadi skenario backup ketika server lain sedang ada gangguan. “Jadi, kalau ada masalah di salah satu root server, bisa ada backup. Yang terpenting adanya server L-Root ini ketahanannya semakin baik pula,” ujar Andi.

Kerja sama ICANN dan PANDI ini juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keamanan, stabilitas dan fleksibilitas untuk pengguna internet di Indonesia dan mengurangi waktu respon untuk request DNS.

Dijelaskan di situs PANDI, kerja sama ini merupakan upaya untuk meningkatkan keamanan, stabilitas dan fleksibilitas untuk pengguna Internet Indonesia dan mengurangi waktu respon berpengalaman ketika membuat beberapa permintaan DNS.

Pemerintah melalui Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Bambang Heru Tjahjono mengapresiasi kerja sama ini. Ia mengungkapkan bahwa pihaknya sangat menghargai setiap kegiatan yang ditujukan untuk memperbaiki kualitas layanan internet di Indonesia.

“Salah satu tujuan utama kami adalah untuk memperkuat DNS nasional. Dengan pemasangan L-Root di Indonesia dan kerja sama yang lebih erat dengan ICANN, tata kelola internet di Indonesia diharapkan akan semakin terorganisir dengan baik dan keamanan, keandalan dan integritas operasi Internet di Indonesia akan meningkat secara signifikan.” imbuh Bambang.

Berbicara keamanan siber, Indonesia memang sedang berbenah untuk membangun sistem keamanan. Beberapa waktu lalu pemerintah juga sedang menyiapkan Badan Siber Nasional untuk membawahi beberapa lembaga keamanan siber lain dalam menjaga keamanan siber nasional.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter