1. Entrepreneur

Panduan Mengatur Tampilan Katalog Online Shop Tanpa Coding di Plugo

Plugo juga menghadirkan fitur yang membuat para penggunanya dapat mendesain toko online mereka sendiri

Fakta bahwa mayoritas masyarakat Indonesia lebih senang berbelanja online memang sudah bukan suatu rahasia umum lagi. Berdasarkan hasil survei Populix, persentase masyarakat Indonesia yang lebih menyukai belanja di e-commerce adalah sekitar 54%. Namun, bagi para penggiat online shopping, ada satu hal yang kerap lebih penting ketimbang barang yang akan dibeli, yaitu katalog produk yang ditampilkan di toko online.

Mengapa katalog produk menjadi sangat penting? Jawabannya adalah katalog online shop dapat membuat keseluruhan pengalaman berbelanja menjadi lebih menarik. Tampilan katalog yang eye-catching dan profesional dapat menciptakan kesan positif dan membuat hati pelanggan tergerak untuk menjelajahi produk-produk yang ditawarkan.

Selain itu, katalog online shop yang menyajikan informasi produk dengan baik juga dapat memengaruhi pelanggan untuk membuat keputusan pembelian yang tepat. Informasi yang menjadi aspek vital dari sebuah produk yang dipajang di katalog antara lain yaitu gambar yang berkualitas tinggi, deskripsi yang rinci, fitur-fitur produk, dan ulasan pelanggan. Orang bisa saja mengurungkan niatnya untuk membeli produk jika informasi-informasi tersebut tidak disajikan dengan baik atau tidak dimuat sama sekali di katalog.

Akan tetapi, bagi para pemilik toko online, membuat atau mengatur tampilan katalog produk di online shop mereka bisa jadi suatu hal yang menyulitkan. Pengaturan tampilan katalog produk biasanya akan memerlukan kemampuan coding, terlebih lagi jika pemilik toko membangun sendiri online shop-nya dari awal.

Artinya, pemilik toko online tidak hanya harus memusingkan masalah pengelolaan bisnisnya saja, tetapi ia juga harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bahasa pemrograman tertentu untuk membuat katalog, seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, dan sebagainya. Hal ini tentu dapat menjadi beban bagi pemilik toko online yang tidak pernah bersentuhan dengan dunia coding sama sekali sebelumnya.

Di tengah kesulitan tersebut, Plugo hadir sebagai solusi yang cemerlang. Tidak hanya bertindak sebagai platform manajemen online shop all-in-one yang memungkinkan pengguna mempersonalisasi toko online mereka, Plugo juga menghadirkan fitur yang membuat para penggunanya dapat mendesain toko online mereka sendiri, termasuk salah satunya mengatur tampilan katalog produk. Dengan menggunakan Plugo sebagai platform untuk berjualan online, seller tidak perlu kelimpungan belajar coding lagi, sebab katalog produk dapat dibuat dengan sangat mudah.

Lantas, bagaimana cara mengatur tampilan katalog produk dengan sederhana dan mudah untuk menarik pelanggan? Simak panduan berikut ini.

  • Masuk ke akun PlugoStore Anda.
  • Masuk ke submenu katalog yang ada di menu Tampilan > Katalog.
    Foto diambil dari https://help.plugo.co/pusat-bantuan/cara-mengatur-tampilan-toko-katalog/
  • Terdapat tiga hal yang dapat dikostumisasi pada pengaturan ini, yaitu tampilan produk, kategori, dan subkategori.

Mengatur tampilan produk

  • Pada bagian “Tampilan produk”, Anda dapat menyesuaikan penampilan produk di halaman katalog sesuai kebutuhan Anda. Anda juga dapat mengatur urutan produk, baik berdasarkan produk terbaru, terlama, atau berdasarkan harga.
    plugo.co
  • Selain itu, Anda dapat memilih efek yang ingin Anda terapkan pada katalog, antara lain yaitu Slideshow dan Hover.
Slideshow

Jika Anda memiliki lebih dari satu foto produk, Anda dapat menggunakan efek Slideshow. Efek ini akan secara otomatis mengganti antara foto produk yang tersedia.

Hover

Jika Anda menggunakan efek Hover, foto produk akan otomatis berubah saat kursor mendekatinya.

  • Selanjutnya, terdapat label status produk yang akan menampilkan informasi terkait ketersediaan stok, seperti “Ada Stok”, “Daftar Tunggu”, “Pre-order”, dan sebagainya. Label status produk akan terletak di sudut kiri bawah dari foto produk, diikuti oleh label diskon pengiriman jika Anda telah mengaturnya terlebih dahulu.

Mengatur kategori

  • Anda dapat menyesuaikan posisi kategori sesuai dengan preferensi desain Anda.
  • Saat ini, tersedia dua opsi posisi yang dapat Anda pilih, yaitu Side navigation dan Top navigation.
  • Pada Side navigation, kategori akan ditempatkan di sebelah katalog produk.
    plugo.co
  • Sementara itu, pada Top navigation, kategori akan ditempatkan di atas katalog produk.
    plugo.co
  • Pengaturan ukuran gambar kategori hanya berlaku jika Anda menggunakan Top navigation.
  • Terdapat beberapa ukuran gambar yang dapat dipilih, yaitu:
    1. Penuh (dengan rasio 4:1 disarankan).
    2. Kecil (dengan rasio 1:1 disarankan).

Mengatur subkategori

  • Gunakan opsi “Personalisasi” untuk membuat subkategori dan sesuaikan kategori produk Anda.
    Foto diambil dari https://help.plugo.co/pusat-bantuan/cara-mengatur-tampilan-toko-katalog/
  • Buat kategori utama dengan memilih tipe “Kelompok item”, contohnya kelompok item “Makanan”.
  • Setelah itu, tambahkan submenu ke dalam kategori “Makanan”, dan pilih tipe item “Kategori”
  • Pilih kategori yang diinginkan.Dengan menggunakan Plugo, pengguna dapat dengan mudah mengatur tampilan katalog produk tanpa harus menguasai coding. Fitur-fitur yang disediakan, mulai dari penyesuaian tampilan produk hingga pengaturan kategori dan subkategori, dapat diakses melalui interface pengguna. Hal ini dapat memberikan keleluasaan bagi pemilik toko online untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang menarik kepada pelanggan tanpa harus khawatir tentang aspek teknis yang rumit.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again