Categories

Mobile

Paparan Uji Jaringan Telkomsel, #TselDriveTest2015

wiku - 7 June 2015

Menjelang momen sebelum puasa, libur serta hari raya, sudah menjadi rutinitas bagi para operator untuk menjalankan uji jaringan, tidak terkecuali Telkomsel.

TRL berkesempatan untuk mengikuti paparan hasil uji jaringan Telkomsel untuk wilayah Jakarta - Surabaya - Banyuwangi - Denpasar pada tanggal 5 - 6 Juni 2015. Uji secara keseluruhan juga telah dilaksanakan lewat darat, laut dan darat kereta api. Wilayah lain yang juga telah dilakukan uji selain yang saya ikuti dalam acara kali ini adalah di seluruh jalur mudik pulau Jawa serta Sumatra.

Telkomsel sendiri menyatakan bahwa Telkomsel telah siap menghadapi Ramadhan dan momen Lebaran atau RAFI (Ramadhan - Idul Fitri). Kesiapan juga tidak hanya untuk layanan telepon dan sms tetapi juga layanan data (untuk aplikasi) dimana yang menurut Sukardi Silalahi - Direktur Network Telkomsel dianggap akan mengalami peningkatan tertinggi.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dalam acara konferensi pers menyebutkan beberapa paparan tentang kesiapan Telkomsel untuk memberikan layanan maksimal pada pelanggannya, khususnya selama momen sejak puasa sampai hari raya. Dengan inti pemaparan bahwa Telkomsel telah siap untuk menghadapi Lebaran dan mudik tahun ini.

Sepanjang jalur utama mudik Sumatera - Jawa - Bali dan wilayah lain di Indonesia telah disediakan kelonggaran 40% - 60% untuk antisipasi lonjakan pada momen puasa sampai lebaran. ‎Prediksi lonjakan terbesar ada pada layanan data sebesar 20% - 25% atau tembus 1.6 Giga Byte sedangkan untuk SMS diprediksi naik 10% - 20% atau 1.5 miliar.

Alat uji yang digunakan untuk kali ini juga tidak hanya laptop tetapi juga perangkat mobile, tentunya ini masuk akal karena penggunaan perangkat mobile sudah semakin meluas, apalagi saat momen liburan.

Salah satu yang juga menarik diperhatikan untuk persiapan jaringan dewasa ini adalah tentang data. Telkomsel sendiri memprediksi bahwa peningkatan terbesar adalah dari data. Program True Broadband Experience juga dijalankan dalam memberikan kenyamanan akses data selama periode Ramadhan dan Lebaran. Fokus akan perbaikan kualitas dan kapasitas di berbagai titik keramaian dilakukan untuk menghadapi lonjakan.

Baca juga: Telkomsel dan Pemkab Banyuwangi Rilis Aplikasi ‘Banyuwangi in Your Hand’

Kesiapan juga hadir dari tersedianya 62 unit combat mobile base station yang akan disiagakan di lokasi yang akan mengalami lonjakan untuk memaksimalkan layanan. Beberapa program yang telah dilakukan Telkomsel sepanjang tahun juga akan mendukung layanan saat lebaran.

Telkomsel telah memiliki 95.000 BTS di Indonesia dengan separuhnya BTS 3G yang mampu melayani bandwith 427 Gbps. ‎

Layanan 4G juga tentunya tidak luput dari perhatian, meski hanya tersedia di beberapa wilayah tetapi menjadi penting karena merupakan wilayah mudik dan atau tujuan wisata. Dijelaskan melalui rilis, saat ini telah ada 1000 eNode B (BTS 4G yang tersebar di wilayah Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya dan Medan untuk melayani 500 ribu pelanggan 4G Telkomsel.

Informasi lain terkait kesiapan layanan, Telkomsel juga telah mengidentifikasi 781 titik hotspot untuk area publik, area keagamaan, mall dan indoor, area unik dan area massif.

Terkait uji jaringan Banyuwangi - Denpasar sendiri, dari parameter yang ada seperti coverage, tingkat kesuksesan jaringan, drop call, lama waktu pembangunan panggilan, kualitas suara serta kecepatan, uji sepanjang 143 km ini menghasilkan angka yang memperlihatkan kesiapan Telkomsel untuk momen liburan kali ini. Jalur ini ada 847 BTS 3G dan 299 BTS 2G yang melayani pelanggan.

Saat mencoba melakukan uji jaringan secara pribadi (khususnya 4G - menggunakan smartphone BlackBerry Q10 dengan operator Telkomsel - paket Flash) selama di rute ini, saya juga menemukan jaringan yang ada bisa diandalkan untuk akses data. Selain melakukan speedtest di beberapa titik lalu akses secara rutin jejaring sosial (termasuk membagikan hasil uji ke timeline), saya juga menyalakan notifikasi email dan melakukan browsing internet. Meski demikian saya tidak melakukan test untuk panggilan telepon dan SMS. ‎

Sedangkan untuk jalur mudik lain, diinformasikan juga oleh Telkomsel bahwa secara general jaringan telah siap, uji dilakukan untuk 3800 km jalur mudik utama pulau Jawa serta jalur Sumatera sepanjang 6135 km. Meski di jalur Sumatera, dari angka yang diungkapkan dalam rilis, untuk kecepatan panggilan ke pihak yang dituju masih lebih rendah dari Banyuwangi - Denpasar serta pulau Jawa, tetapi secara keseluruhan, hasil skor berdasarkan parameter telah menunjukkan kesiapan Telkomsel untuk menyambut momen Ramadhan serta Idul Fitri.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter