Categories

Feature

Para Jawara BTN Mortgtech Hackathon

Celengan Property keluar sebagai juara pertama, disusul oleh Wakanda dan Radya Playground di posisi kedua dan ketiga

JuLi Andrian - 27 March 2018

Ajang BTN Mortgtech Hackathon telah selesai. Setelah berjuang selama 24 jam penuh, akhirnya para atlet dari 43 tim yang terpilih sukses menghadirkan inovasi luar biasa yang mampu memukau dewan juri. Tim Celengan Property berhasil menjadi jawara alias juara pertama dengan aplikasinya yang bernama Celengan Property. Tim ini sukses membawa pulang uang tunai senilai 50 juta rupiah, tiket terbang ke Sillicon Valley, serta berhak mengikuti Acceleration Program dari Plug and Play Indonesia.

Posisi juara kedua diduduki oleh tim Wakanda lewat aplikasi bernama Hommy dan berhak mendapatkan uang tunai senilai 35 juta rupiah. Sedangkan juara ketiga berhasil diraih oleh Radya Playground dengan chatbot bernama Tania CRM, yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai 15 juta rupiah.

BTN Mortgtech Hackathon merupakan kompetisi hackathon dengan tema mortgage technology pertama di Indonesia. Sebelum menggelar hackathon di Hotel Grand Mercure Jakarta pada tanggal 24-25 Maret 2018 lalu, telah diselenggarakan pula Ideation Day / Meetup Roadshow di tiga kota, yaitu Jakarta, Malang, dan Yogyakarta.

Ajang ini berhasil mengumpulkan sebanyak 225 ide inovasi terbaik, dan disaring menjadi 43 tim untuk bertanding di BTN Mortgtech Hackathon. Setelah melewati proses penjurian yang menegangkan, serta diskusi panjang oleh para dewan juri, akhirnya terpilihlah ketiga tim pemenang dengan konsep, ide, dan produk terbaik.

Tim Celengan Property yang menjadi juara pertama mengembangkan aplikasi dan platform Celengan Property untuk membantu calon investor dalam memiliki properti secara rombongan, sekaligus memberikan prediksi mengenai kenaikan harga properti. Pada saat presentasi di babak 6 besar, Mujiyanto sang ketua tim juga meng-klaim bahwa produknya lebih syariah, sebab investasinya berupa barang nyata dan dapat dilihat secara langsung. Sehingga terhindar dari riba, serta dengan resiko yang sangat rendah, yaitu hingga 0%.

Tim Wakanda, sang juara kedua mengembangkan aplikasi bertajuk Hommy yang menyatukan calon pembeli, penyedia properti, dan perbankan dalam satu ekosistem terpadu, serta menyortir seluruh data komponen mitra. Sebagai informasi, tim Wakanda merupakan salah satu dari dua tim dengan ide terbaik pada acara Ideation Day / Meetup Roadshow di Jakarta, pada 27 Februari 2018 lalu. Hal ini juga membuat Wakanda berhak lolos ke hackathon secara langsung.

Tim Radya PlayGround sebagai juara ketiga menggagas aplikasi Tania CRM yang bisa memudahkan Bank BTN mengedukasi calon nasabah / nasabah KPR lewat platform chatbot sehingga lebih mudah memberikan penawaran produk, dan simulasi KPR. Pada saat hackathon dan penjurian, Tania CRM ditampilkan dalam platform Facebook Messenger. Namun, di masa depan diharapkan Tania CRM juga dapat diintegrasikan secara lebih luas ke dalam platform chat lainnya. Pengguna dapat menanyakan hal apapun seputar produk Bank BTN hanya dengan mengirimkan pesan. Sehingga setelah pengguna puas dengan jawabannya, maka Tania juga akan memberikan penawaran dan promosi untuk produk-produk Bank BTN lainnya.

Ketiga pemenang ini diharapkan mampu berkolaborasi dengan Bank BTN untuk menghadirkan produk teknologi digital yang mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memanfaatkan layanan properti dan KPR yang dimiliki oleh Bank BTN.

Ke depannya, Bank BTN akan menjalin kerja sama dan berkoordinasi lebih lanjut dengan para pemenang untuk mengintegrasikan fitur-fitur yang mereka miliki dengan produk Bank BTN yang ada saat ini. Bank BTN juga tidak menutup kemungkinan untuk menjalin hubungan dengan para peserta lain yang belum menjadi pemenang, namun memiliki fitur dan keunggulan yang dibutuhkan oleh Bank BTN dalam meningkatkan kualitas layanan produknya.

Disclosure: DailySocial.id merupakan bagian dalam penyelenggara acara BTN Mortgtech Hackathon

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter