1. Startup

Layanan Media Sosial Path Resmi Ditutup 18 Oktober Mendatang

Layanan pelanggan Path masih beroperasi hingga 15 November 2018

Layanan media sosial Path resmi mengumumkan penutupan layanannya. Per tanggal 18 Oktober mendatang, Path tidak lagi bisa diakses. Sebelum tanggal tersebut, di laman About Us-nya Path menyediakan cara-cara untuk melakukan backup untuk data-data dan refund dana langganan, baik di platform iOS dan Android.

Di laman tersebut diinfokan bahwa per 1 Oktober pengguna tidak bisa lagi mengunduh aplikasi Path di iOS App Store dan Google Play. Setelah penutupan layanan tanggal 18 Oktober, layanan pelanggan Path bakal terus beroperasi hingga tanggal 15 November.

Path didirikan tahun 2010 dengan Co-Founder Dave Morin menjadi CEO-nya. Sempat populer di berbagai kawasan dan memperoleh dana sekitar $66 juta dari investor, di bulan Mei 2015 Path dijual ke pengembang platform messaging Kakao (Korea Selatan). Kakao mendirikan entitas di Singapura (Path Mobile Ptd Ltd) sebagai perusahaan induk baru dan memindahkan pusat pengembangan Path dari San Francisco ke Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Indonesia bisa dibilang adalah pasar terbesar Path. Kakao mencoba menggunakan Path sebagai leverage untuk melakukan penetrasi ke pasar Indonesia, setelah kegagalannya dengan KakaoTalk.

Keunikan Path, dibandingkan layanan serupa, adalah eksklusivitasnya. Awalnya jumlah teman di Path dibatasi hanya 150 orang, meski kemudian jumlahnya terus diperbesar. Meskipun demikian, setelah dipindah ke Asia Tenggara, Path tidak kunjung mendapatkan model bisnis yang tepat dan jumlah penggunanya tidak menunjukkan tren yang menggembirakan. Per tulisan ini dibuat, Path sudah tidak lagi masuk di jajaran aplikasi populer di Indonesia. Path sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play.

Di awal tahun ini kami mendapatkan informasi jika Path mengembangkan sebuah tempat/space untuk komunitas. Pun jika kita melihat ke jajaran pegawai Path saat ini, kebanyakan adalah pekerja konten kreatif, termasuk videografi. Kami belum mendapatkan konfirmasi tentang bagaimana kelanjutan bisnis perusahaan, apakah bakal pivot dengan model bisnis baru atau tidak, dan bagaimana nasib pegawainya.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again