1. DScovery

Paypal Adalah: Pengertian, Manfaat dan Kekurangan, dan Cara Mudah Membuat Akunnya

PayPal adalah aplikasi yang menyediakan layanan jasa transfer uang dan transaksi pembayaran online yang dapat digunakan ke berbagai lintas negara.

PayPal adalah salah satu layanan transaksi online yang dapat digunakan orang di seluruh dunia.Inilah salah satu kelebihan PayPal karena bisa digunakan untuk transaksi bersifat internasional. Tertarik untuk mencoba PayPal dan mengetahui fitur-fiturnya? Yuk, temukan informasinya pada pembahasan di bawah ini!

Apa Itu PayPal?

PayPal adalah layanan transaksi keuangan online yang memungkinkan kamu melakukan transaksi jual beli secara online menggunakan satu akun. Nanti kamu dapat menambahkan rekening bank, kartu kredit, atau kartu debit ke akun ini untuk melakukan pembayaran PayPal kapan saja.

Selain pembayaran online, PayPal juga dapat digunakan untuk menerima uang secara online. Jika kamu memiliki teman yang juga memiliki akun PayPal, kamu dapat menerima uang dari teman kamu itu menggunakan PayPal atau kartu kredit.

Uniknya, kamu bahkan bisa menjangkau pasar luar negeri. Jika kamu melihat produk yang kamu sukai, tetapi penjual produk tersebut berada di luar negeri, kamu dapat menggunakan PayPal untuk membayar produk tersebut.

PayPal sekarang digunakan oleh lebih dari 179 juta pengguna aktif di 200 area pasar dan 100 mata uang berbeda di seluruh dunia. 

Manfaat PayPal

Menurut The Balance SMB, PayPal adalah cara cepat dan mudah untuk membeli barang secara online. Metode pembayaran online ini sangat populer di banyak situs e-commerce seperti eBay, Amazon dan lainnya. Dengan menggunakan PayPal, kamu akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

  1. Fleksibilitas untuk Penjual

PayPal sangat berguna bagi penjual yang menawarkan produknya melalui website e-commerce.

Hal ini dikarenakan penjual dapat dengan cepat dan mudah menerima transaksi dari pembeli ketika memutuskan untuk membeli barangnya secara online. Yang harus dilakukan pembeli hanyalah menggunakan kartu kredit atau debit dan uangnya dengan cepat dan mudah ditransfer ke rekening penjual.

Fleksibilitas ini tentunya memudahkan penjual untuk terus menawarkan produknya melalui situs e-commerce.

  1. Cepat

Seperti dijelaskan di atas, menggunakan PayPal memungkinkan transaksi cepat antara penjual dan pembeli. Karena transfer dari rekening PayPal lain atau dari rekening PayPal ke rekening bank hanya membutuhkan waktu 24 jam. 

  1. Harga Terjangkau

Meskipun membayar dengan PayPal melibatkan biaya administrasi, biayanya cukup murah dan terjangkau. Biaya administrasi saat menggunakan PayPal adalah 30 sen per transaksi ditambah 3% dari total jumlah transaksi.

  1. Membeli dengan Aman

Pembelian dengan akun PayPal dijamin aman dan bebas penipuan. Karena PayPal menawarkan jaminan kepada penjual dan pembeli. Pembeli dapat menghubungi PayPal jika ada masalah dengan pesanannya seperti jika tidak memenuhi syarat atau barang tidak sampai dalam waktu yang ditentukan. Bagi penjual sendiri, PayPal sangat aman karena tidak perlu khawatir dengan penipuan pembeli karena PayPal menghindarinya.

  1. Privasi Akun PayPal Aman

Sebagai pembeli, jangan khawatir tentang keamanan akun PayPal kamu. Ini karena PayPal menjaga kerahasiaan informasi pribadi kamu untuk mencegahnya disebarluaskan dan mengarah pada penyalahgunaan akun.

  1. Mudah Melihat Riwayat Transaksi

Jika kamu menggunakan PayPal, kamu dapat melihat transaksi apa yang telah kamu lakukan dalam sebulan terakhir atau bahkan dalam seminggu terakhir.

  1. Bersifat Global

Saat ini, PayPal adalah metode pembayaran yang mudah diterima oleh banyak situs e-commerce di seluruh dunia. Dengan demikian, PayPal bersifat global karena mampu melakukan transaksi jual beli antar negara. 

Kekurangan PayPal

Pengguna mungkin mengalami kesulitan menggunakan PayPal karena beberapa alasan berikut:

  1. Beberapa mata uang yang tidak terdaftar di PayPal, misalnya Rupee India.
  1. Akses internet yang mudah membuat PayPal rentan terhadap penyalahgunaan.
  1. Belum ada layanan pengaduan untuk PayPal Indonesia.
  1. Biaya transaksi PayPal akan berlaku untuk akun non-PayPal.
  1. Membekukan akun PayPal membutuhkan waktu lama. 

Cara Buat Akun PayPal

Membuat akun atau mendaftar PayPal sangatlah mudah, sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs web PayPal dan klik Masuk.
  1. Pilih salah satu dari dua opsi akun:

bisnis atau pribadi. Klik Lanjutkan. 

  1. Pilih negara tempat kamu tinggal. Klik Mulai.
  1. Masukkan nomor ponsel kamu. 
  1. Masukkan informasi pribadi atau perusahaan kamu.
  1. Masukkan alamat lengkap dan perusahaan kamu. 

Centang isi kotak untuk mengonfirmasi. 

  1. Pilih antara belanja online atau transfer uang. Klik Mulai.
  1. Tambahkan kartu debit atau kredit. 
  1. Selesai.

Jadi setelah menyelesaikan langkah-langkah membuat PayPal, kamu sudah memiliki akun. Kamu harus berhati-hati dalam menjaga alamat email yang kamu gunakan untuk menyimpan uang dan informasi dengan aman di PayPal! 

Demikian informasi mengenai PayPal dari pengertiannya hingga cara membuat akun. Semoga artikel cukup membantumu untuk mulai mencoba alat transaksi keuangan ini kedepannya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again