31 March 2016

by Yoga Wisesa

PC All-in-One Baru MSI Ini Bisa Digantung dan Jadi 'Tablet' Raksasa

Micro-Star International mendeskripsikan Pro 16 Flex sebagai PC all-in-one paling fleksibel.

Saat ingin membeli PC baru, banyak dari kita lupa bahwa ada alternatif selain komputer tower. PC all-in-one menawarkan satu keunggulan dibanding sepupunya yang lebih besar itu: penghematan tempat. User antusias mungkin akan memberi argumentasi soal kinerja, namun pesatnya perkembangan AiO membuat jarak performa antar keduanya semakin kecil.

Selain komponen high-performance dan notebook gaming, all-in-one merupakan salah satu lini produk andalan MSI. Dan demi memperkuat keluarga kelas profesional mereka, sang produsen asal Taiwan ini memperkenalkan Pro 16 Flex. Ada beberapa hal menarik mengenainya: Pertama, meskipun mengusung gelar 'Pro', ia juga cocok untuk pengguna rumahan. Kedua, ia bisa bertransformasi ke beberapa wujud.

Micro-Star International mendeskripsikan Pro 16 Flex sebagai PC all-in-one paling fleksibel. Anda bisa menggunakan perangkat tersebut layaknya PC biasa, menggantungnya atau secara horisontal ala tablet. Display dapat diputar 90 derajat dipadu fungsi auto-rotating, sehingga Pro 16 Flex bisa dimanfaatkan di berbagai skenario berbeda. Anda juga dapat membubuhkan dua bracket pendukung supaya ia berdiri lebih stabil.

Keleluasaan pemakaian itu turut terbantu dengan adanya fitur-fitur lain, misalnya touchscreen yang dapat membaca sepuluh titik sentuhan sehingga navigasi dan input jadi lebih simpel. Kemudian ada pula teknologi Super Charger di salah satu port USB 3.1. Berkatnya, Anda bisa mengisi ulang baterai tablet dan smartphone dalam waktu singkat.

Pro 16 Flex tak lupa dibekali baterai build-in 1.300mAh, dapat bertahan selama satu jam dengan pemakaian normal, memastikan Anda tidak kehilangan data saat listrik tiba-tiba mati; atau tak perlu repot-repot menyimpan data pekerjaan dan men-shut-down PC ketika harus memindahkan device.

Membahas soal konsumsi listrik, MSI meramu PC all-in-one tersebut agar hemat daya tapi tidak berkompromi soal performa. Pro 16 Flex mengusung desain fanless dan memanfaatkan prosesor desktop Intel N3150 quad-core 6-watt dikombinasi dukungan Intel Ready Mode. Selain efisien, Pro 16 Flex mampu bekerja dengan hening.

Pro 16 Flex mewariskan desain AiO Professional Series, dengan tubuh berwarna kelabu. MSI menyematkan sebuah layar sentuh LED backlight 1366x768 seluas 15,6-inci. PC ini mempunyai dimensi 381,6x264,01x25mm dan berbobot total (plus stand) 3,35kg.

Melengkapi prosesor Intel Celeron di dalam, Pro 16 Flex menyimpan GPU Intel HD Graphics, memori RAM DDR3L sebesar 8GB, penyimpanan berupa hard drive iTB, dan dibundel bersama OS WIndows 10 Home. Untuk fungsi multimedia, MSI menyiapkan sepasang speaker 2W, webcam, dan DVD Super Multi tray-in.

Berdasarkan informasi dari press release, Pro 16 Flex akan mulai tersedia di awal bulan April 2016, tapi MSI belum memberi tahu berapa harganya.