Pecahkan Rekor Penjualan, Lazada Bertekad Gelar #1212Sale Lagi di Tahun Depan

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) #1212Sale yang digagas oleh Lazada bersama 20 pelaku e-commerce Indonesia berlangsung sukses. Lonjakan traffic dan penjualan menjadi tolok ukur keberhasilan gerakan #1212Sale dalam mendorong e-commerce di Indonesia. Lazada sebagai salah satu penggagas, melalui rilisnya, mengatakan bahwa rekor penjualannya berhasil dipecahkan hanya dalam satu hari rekor. Ribuan pesanan pun diterima setiap jam yang juga sempat mengakibatkan tumbangnya situs Lazada selama beberapa jam di hari tersebut.

ShopDeca, Zalora, dan BerryBenka, telah membongkar buah kesuksesan Hari Belanja Online Nasional kepada DailySocial beberapa waktu lalu. Ketiga situs fashion e-commerce tersebut menyatakan penjualan yang fantastis yang ternyata juga dialami oleh Lazada Indonesia. Pesanan dari pebelanja online menurut Lazada sudah mulai masuk dari tengah malam dan terus meningkat. Dengan tingginya antusias masayarakat seperti beberapa situs lainnya hari itu, Lazada tak luput mengalami sedikit masalah teknis di siang hari. Situs Lazada sempat tidak bisa diakses sementara. Padahal untuk ajang belanja online seharian penuh tersebut pihaknya telah melakukan berbagai antisipasi lonjakan pengunjung. Nampaknya, sambutan masyarakat jauh di luar dugaan pada hari tersebut. Bahkan target penjualan pada Harbolnas sudah terpenuhi sebelum hari berakhir.

“Kami telah menyiapkan semuanya, dari menambah jumlah personel di semua lapisan mulai gudang, operasional, customer service, dan bahkan menambah jam kerja dari tengah malam untuk mengawasi perkembangan event ini. Tapi kami benar benar tidak menyangka respon dari konsumen Indonesia begitu membludak. Proyeksi kami untuk jumlah penjualan satu hari telah kami penuhi sebelum jam makan siang,” kata Magnus Ekbom, CEO Lazada Indonesia seperti dikutip dari rilisnya.

Selain 20 peritel dalam negeri, #1212Sale Hari Belanja Online Nasional tahun ini juga mendapat dukungan dari Telkomsel yang memberikan tambahan potongan diskon serta pemberitahuan yang lebih luas untuk memanfaatkan masa promosi tersebut di hari itu juga.

Pemberian potongan harga hingga 80 persen dan komitmen memberikan promosi paling murah yang pernah diberikan sepanjang tahun dalam satu hari itu berhasil menarik perhatian publik dan mendorong makin banyaknya orang berbelanja melalui internet.

“Kita melihat dengan jelas sedikit preview dari masa depan online retail di Indonesia. Kami percaya bahwa online retail di Indonesia memiliki banyak peluang dan ruang untuk tumbuh,” terang Rizki Suluh Adi, VP Marketing & Business Development untuk Lazada.

“Kami sangat senang bahwa banyak situs e-commerce bergabung di gerakan Hari Belanja Online Nasional ini. Bahkan ada yang sebelumnya belum konfirmasi, tapi ternyata pada hari H memasang logo Hari Belanja Online Nasional. Ini jelas adalah sebuah milestone yang sangat penting untuk e-commerce di Indonesia. Kami berjanji, HARBOLNAS akan kembali lagi tahun depan” tutup Magnus.

Tentunya ajang Harbolnas ini akan disambut dengan lebih meriah lagi di tahun depan mengingat semakin besarnya jumlah pengguna internet di Indonesia dan jumlah konsumen yang bersedia untuk berbelanja online. Dari semua peserta Harbolnas yang telah mengabarkan hasil keikutsertaanya kepada DailySocial, memang tidak ada satupun yang bersedia membeberkan pencapaian penjualan secara detil, namun seluruhnya mengatakan bahwa mereka berhasil melampaui target penjualan sebelum hari diskon tersebut berakhir dan bahkan beberapa peritel online dan situs lain seperti PriceArea bahkan bersedia memperpanjang masa promosinya hingga akhir tahun untuk memanfaatkan momentum yang dihasilkan oleh ajang tersebut.

 

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again