Categories

Tips

Pelajaran yang Bisa Dipetik dari Startup Global dengan Pertumbuhan Tercepat

Uber, Snapchat, Yelp, LinkedIn, HubSpot, dan Evernote adalah sebagian contohnya

Hesti Pratiwi - 5 May 2015

shutterstock_230237350Pertumbuhan atau growth untuk bisnis adalah hal yang penting, sebab hal ini merupakan indikasi sebuah startup bisa bertahan atau mati. Berikut adalah poin-poin penting yang dirangkum dari hasil riset berupa kumpulan hasil interview, artikel, video, dari startup-stratup dengan pertumbuhan tercepat yang bisa menjadi bahan acuan untuk menemukan formula tepat dalam membangun bisnis Anda.

1. Pengalaman Pelanggan yang menyenangkan

Startup yang memiliki pertumbuhan cepat, mereka memiliki satu kesamaan yakni menghasilkan produk yang mampu menghadirkan pengalaman menyenangkan bagi penggunanya. Pengalaman tersebutlah yang berhasil menarik pelanggan setia. Ini membangun dasar dari keberhasilan mereka dan bahan bakar untuk pertumbuhan mereka dalam jangka panjang. Masing-masing startup tersebut berhasil mengisi celah yang dibutuhkan oleh pengguna mereka. Produk adalah dasar dari pertumbuhan. Tanpa itu, pertumbuhan yang berkelanjutan adalah mustahil.

2. Pertumbuhan adalah proses yang tak pernah tuntas

Semua startup ini juga memiliki fokus tanpa henti pada pertumbuhan. Mereka tidak hanya bicara soal pertumbuhan saat ada kesempatan, tetapi mereka benar-benar bekerja keras untuk itu. Mereka menempatkan sumber daya dalam upaya ke arah pertumbuhan terus-menerus. LinkedIn mungkin salah satu yang paling produktif, dengan lebih dari satu dekade fokus pada pertumbuhan terus-menerus. Hingga saat ini LinkedIn masih berinovasi untuk pertumbuhan mereka. Tentu saja prediksi mereka pernah meleset, tetapi semangat mereka untuk menemukan tuas pertumbuhan berikutnya, dan berikutnya, dan berikutnya, adalah inspirasi.

3. Pertumbuhan bukan pemasaran dan pemasaran bukan pertumbuhan

Salah satu kesamaan mereka selain produk adalah tidak satupun dari mereka memiliki pedoman pemasaran tradisional. Anda tidak akan membaca tentang cara mereka memanfaatkan pencarian berbayar atau pemasaran email. Sebaliknya Anda akan melihat bahwa perusahaan-perusahaan ini memiliki pedoman khusus untuk mendorong pertumbuhan, tetapi lebih sering mengandalkan produk untuk peluang pertumbuhan terbesar mereka. Misalnya untuk menggenjot pertumbuhan Evernote mendesain ulang seluruh produk untuk peluncuran toko aplikasi baru.

Dibutuhkan tim yang terdiri dari gabungan tim pertumbuhan, produk, dan pemasaran, untuk merancang program pertumbuhan yang benar-benar berhasil. Sebuah pendekatan kontras dari metode menyiapkan anggaran besar untuk  iklan seperti Groupon, yang akhirnya tidak menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan.

4. Jangan mencontek strategi startup lain secara mentah-mentah

Tak satu pun dari startup ini melakukan cara yang sama. Mereka semua menggunakan cara mereka sendiri, sering membuat orang bertanya-tanya. Hubspot menetapkan biaya untuk onboarding dimuka, yang dianggap banyak orang sebagai langkah salah. Ternyata itu bagian terbesar keberhasilan mereka.

Yelp tidak mengandalkan pembayaran untuk ulasan resto atau mendekati kritikus makanan, tetapi sebaliknya berfokus 100 persen kepada ulasan masyarakat. Dalam lanskap Citysearch saat itu, langkah ini terlihat tidak menjanjikan untuk kelanjutan bisnis.

5. Jangan mencoba memecahkan seluruh masalah sekaligus

Pendiri Wealthfront Andy Rachleff selalu menyoroti pentingnya fokus kepada pasar yang niche diawal untuk mencapai pertumbuhan. Semua perusahaan dengan pertumbuhan yang cepat melakukan hal ini dengan cara mereka yang berbeda-beda. Snapchat memulai dengan perguruan tinggi dan pelajar sekolah lanjutan atas, Square dengan usaha kecil, atau Belly dengan UKM ritel di kota Chicago. Mereka semua menyadari bahwa menyasar pasar yang tersegmen terlebih dahulu akan menuai sukses yang lebih besar ke depannya.

shutterstock_131602325

6. Growth hack bukan solusi jangka pendek

Istilah “Growth Hack” telah disalahgunakan dan dikenal sebagai taktik pemasaran digital. Growth hack adalah  wawasan unik dan bijaksana yang mengakibatkan pertumbuhan abadi. Hubspot adalah salah satu orang pertama yang menyadari bahwa membangun alat bantu gratis bisa membuat pertumbuhan jauh di atas strategi sosial dan konten tradisional. Uber dan Belly mengandalkan strategi pertumbuhan efek jaringan untuk membantu memecahkan tantangan likuiditas pasar di awal, sedangkan Double Viral Loops LinkedIn adalah legenda taktik pertumbuhan yang cemerlang.

7.  Bangun produk yang bisa di-scale

Saran Paul Graham untuk startups adalah meluangkan waktu untuk mengunjungi dan berbicara dengan pengguna. Startup sukses ini mengikuti saran Paul, namun melakukan dengan cara yang berbeda-beda. Uber memiliki tim perencanaan untuk pengemudi dan konsumen. Mereka mengembangkan pedoman yang berhasil di pasar uji awal dan menggunakan praktek-praktek terbaik untuk meluncurkan layanan di kota baru.

8. Menggabungkan analisis dan wawasan

Hampir semua perusahaan-perusahaan ini memiliki pendekatan yang sama untuk analisis. Mereka tidak hanya melaporkan angka; mereka menemukan peluang pertumbuhan dari wawasan dalam angka, dan menerapkannya untuk mengembangkan bisnis.

9. Mengabungkan beberapa mesin pertumbuhan

Perusahaan seperti GitHub telah menunjukkan bahwa menggabungkan mesin pertumbuhan lebih dari satu bersama-sama menciptakan hasil yang besar. GitHub adalah jaringan sosial, pasar untuk kode, dan platform penerbitan. Hal-hal ini semua bekerja sama untuk mendorong adopsi dan pertumbuhan besar. Sekarang GitHub adalah bagian dari alur kerja banyak pengembang. Sedangkan Yelp memiliki komunitas, jaringan, dan aset-review.

10. Tidak ada solusi yang spesifik

Tak satu pun dari perusahaan-perusahaan ini memiliki satu solusi tunggal. Bahkan produk yang kita anggap “ajaib” yang mampu menarik jutaan pengguna, menggunakan strategi pertumbuhan yang teliti. Mereka selalu siap dan bekerja keras untuk menyesuaikan diri untuk perubahan.

11. Pertumbuhan adalah kerja tim

Perusahaan-perusahaan terbaik memiliki pertumbuhan sebagai DNA mereka. Dari jajaran atas hingga ke bawah semua orang memiliki pola pikir untuk selalu tumbuh. Tidak ada pertumbuhan tunggal atau hanya tugas dari hacker atau divisi tertentu. Semua orang memiliki peran untuk bermain dalam mendorong pertumbuhan, bukan hanya tim marketing atau pekerjaan tim pengembang IT. Semua orang membuat pertumbuhan sebagai prioritas.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter