15 August 2013

by Yoga Wisesa

Peluncuran Xbox One Diundur ke 2014?

Lagi-lagi kabar yang kurang menggembirakan memperkeruh langit di atas tempat Microsoft berdiri. Setelah produsen console yang satu ini mati-matian merombak sistem pendukung Xbox One dari mulai saat ia diumumkan di Electronic Entertainment Expo 2013 untuk mencuri hati konsumen, Microsoft kembali menambahkan daftar negara-negara dimana Xbox One tidak tersedia sebelum 2013 berakhir.

Di E3 lalu, Microsoft mengumumkan bahwa Xbox One akan diluncurkan di bulan November besok secara serentak di 21 negara: Australia, Austria, Brazil, Canada, Denmark, Finlandia, Prancis, Irlandia, Itali, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Rusia, Spanyol, Swedia, Swiss, Inggris dan Amerika Serikat.

Namun berdasarkan Wall Street Journal, sayangnya untuk wilayah Asia sendiri Xbox One baru didistribusikan di pertengahan 2014. Yang memperparah hal ini adalah fakta bahwa Xbox One hanya diluncurkan secara terbatas di negara-negara tertentu: Hong Kong, Taiwan, Singapura, Korea Selatan dan India. Walaupun Jepang tidak disebutkan, Microsoft berjanji akan segera mengeluarkan informasi tentang perilisan Xbone di Negeri Sakura tersebut.

Tentu saja, Indonesia adalah salah satu negara yang paling dilupakan. Mungkin itu juga alasannya mengapa di sini ada lebih banyak fans Sony dibanding Microsoft. Bahkan jika konsumen mencoba memesan Xbox One dari negara tetangga, kita belum tahu apakah ia akan diproteksi oleh ‘fitur’ region-lock yang tidak memungkinkan gamer menikmati console ini di luar area tempat mereka membelinya. Kemudian belum tentu game-game-nya sudah tersedia di pasar lokal.

Seperti jatuh tertimpa tangga, Anda ingat 21 negara dimana Microsoft berencana merilis Xbone secara serempak yang telah saya sebutkan di atas? Berdasarkan berita yang saya baca di Xbox Wire, daftar ini pun kemudian berubah – atau lebih tepatnya berkurang – menjadi hanya 13 negara. Seperti negara-negara Asia, peluncuran Xbox One di Belgia, Denmark, Finlandia, Belanda, Norwegia, Rusia, Swedia dan Swiss juga diundur ke 2014.

Adakah di antara Anda yang menanti Xbox One, atau bahkan Anda sudah melakukan pre-order? Atau mungkin Anda lebih memilih sang rival karena Sony bisa memegang janjinya dan karena console mereka juga dibanderol dengan harga lebih murah?

Anda bisa mendapatkan informasi lengkap tentang Microsoft Xbox One di sini.