Banyak yang mempertanyakan nasib Vine setelah Instagram merilis fitur rekam video singkat yang sangat mirip dengan aplikasi milik Twitter ini. Kini mereka menjawabnya dengan merilis Vine versi terbaru yang dilengkapi fitur-fitur terbaru seperti revining, penjelajahan dan pengkategorian baru, serta beberapa fitur kamera baru.

Satu fitur yang sebenarnya tidak banyak diminta, tetapi kini hadir di Vine adalah revining, alias mengirim ulang kiriman Vine milik orang lain ke dalam lini masa kita. Fitur ini seperti namanya, berfungsi sama seperti retweet di Twitter atau reblog di Tumblr.

Untuk penjelajahan video dalam Vine, kini dihadirkan 15 kategori mulai dari Family, Food, hingga Cats. Ya, kucing. Selain itu juga ada dua kategori trending yaitu Popular Now dan On The Rise.

Dari sisi kamera, kini Vine memberi fitur grid sebagai arahan komposisi video, fitur untuk menentukan titik fokus, dan fitur ghost tool yang memberi efek berbayang. Tampaknya Vine memang tidak atau belum memilih untuk menghadirkan fitur filter seperti yang ditawarkan Instagram.

Satu lagi fitur baru adalah protected posts, yang memberi opsi untuk mengunci kiriman video kita agar hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang mengikuti kita saja.

Pembaruan fitur ini bisa didapatkan untuk aplikasi Vine di iOS, sedangkan untuk Android, fitur protected posts segera tersedia dan fitur lainnya akan hadir minggu depan.

Apakah menurut Anda fitur-fitur tersebut cukup kuat untuk menyaingi Instagram? Apa aplikasi perekam video singkat pilihan Anda?

Sumber: Blog Vine.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again