Digital Marketing

Simak Cara Mudah Tarik Pembayaran Komisi di Involve Asia

Setelah Anda sukses berafiliasi melalui social selling platform di Involve Asia, pertanyaannya selanjutnya adalah bagaimana cara menarik pembayaran komisi di platform tersebut?

Involve Asia sendiri merupakan social selling platform yang cukup terkenal di beberapa negara Asia Tenggara termasuk Indonesia dan sudah ada sejak tahun 2014.

Social selling platform adalah platform dimana Anda bisa menjadi affiliate marketing dengan cara mempromosikan produk atau brand tertentu yang dimiliki dan disediakan oleh advertiser.

Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui cara menarik pembayaran komisi di Involve Asia dan menjawab permasalahan lainnya terkait pencairan komisi.

Ketahui Sistem Pembayaran Komisi Setiap Campaign di Involve Asia

Hal pertama ini sebenarnya harus Anda perhatikan sebelum mempromosikan campaign dari advertiser. Alasannya, setiap campaign dari advertiser memiliki rincian yang berbeda-beda terkait pembayaran.

Hal ini juga yang menentukan berapa lama Anda bisa melakukan promosi pada campaign tersebut dan mengetahui masa pembayaran agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Ada dua hal yang perlu Anda perhatikan tentang rincian campaign yang berkaitan dengan pembayaran yaitu masa validasi dan waktu pembayaran.

Mari ambil contoh campaign pada iStyle (ID) dengan cara cek deskripsi dan klik advertiser tersebut yang kemudian akan muncul gambar di bawah ini.

Masa validasi yang dimaksud adalah masa pengumpualn komisi melalui Involve Asia. Misal, konversi terakhir telah dilakukan pada tanggal 2 Januari 2022. Maka setiap konversi yang terjadi setelah tanggal itu akan dikumpulkan pada tanggal 17 Januari 2022 (15 hari seperti pada gambar).

Itu artinya masa validasi juga bisa dikatakan sebagai masa dimana advertiser melakukan validasi pada tiap konversi yang telah dilakukan.

Sedangkan waktu pembayaran adalah rentan terlambat advertiser membayar komisi kepada Anda. Dalam hal ini, iStyle (ID) memiliki rentan waktu pembayaran selambat-lambatnya dilakukan dalam waktu  65 hari.

Dalam beberapa kasus Anda juga akan melihat waktu validasi dan pembayaran sama seperti gambar campaign Tokopedia berikut ini.

Biasanya apabila ada campaign seperti ini, setiap komisi yang masuk akan langsung dihitung dan dibayarkan selama masa periode tersebut.

Selain tentang waktu validasi dan pembayaran, hal lain yang wajib diperhatikan adalah beberapa advertiser juga memiliki offer payment threshold. Apa itu?

Offer payment threshold adalah ambang batas pembayaran komisi yang bisa diterima penarikannya. Jika komisi belum sampai threshold yang ditentukan, maka pembayaran belum bisa diproses.

Biasanya offer payment threshold atau batas pembayaran komisi tercantum dalam deskripsi campaign pada Involve Asia.

Mengatur Metode Pembayaran Komisi

Langkah selanjutnya untuk mencairkan dana komisi di Involve Asia adalah dengan menyiapkan pembayaran. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Asumsikan bahwa Anda menggunakan settingan bahasa Indonesia, maka klik logo profile di pojok kanan atas pada dashboard kemudian klik “Kelola Akun Anda”
  2. Kemudian akan muncul halaman Pengaturan Akun dan klik tab “Pengaturan Pembayaran”
  3. Setelah itu, Anda bisa memilih metode pembayaran dengan klik kolom Pilihan Metode Pembayaran
  4. Involve Asia memiliki 2 metode pembayaran komisi yaitu menggunakan PayPal dan Transfer rekening.
  5. Jika memilih metode pembayaran PayPal, Anda hanya diwajibkan mengisi mata uang yang digunakan (USD atau MYR), nama penerima, email PayPal, kontak penerima, dan alasan transfer.
  6. Namun apabila memilih metode pembayaran transfer rekening, Anda diwajibkan untuk mengisi bank penerima, nama penerima, nomor rekening, alamat bank, negara bank, kode SWIFT, IFSC, IBAN, dan kode cabang Bank, alamat email, mata uang, dan alasan transfer.

Jika semua data terkait pembayaran sudah Anda atur, kemudian klik “Simpan Perubahan”.

Cara Mencairkan Dana Komisi di Involve Asia

Langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mencairkan dana komisi di Involve Asia. Perlu diketahui, dana komisi bisa Anda cairkan apabila penghasilan komisi telah mencapai MYR 80 dan Anda telah mengatur metode pembayaran.

Cara untuk melihat dana komisi yang bisa dicairkan adalah klik tombol “Pengaturan Pembayaran” pada toolbar di bagian atas dashboard,kemudian pilih “Penghasilan Saya” dan kemudian akan muncul halaman berikut ini.

Apabila Anda sudah mengatur isi rincian pembayaran dan telah mencapai batas minimal komisi yaitu 80 ringgit maka tanda merah pada gambar akan berwarna hijau.

Selain itu akan muncul tombol warna kuning di samping bar panjang “Komisi yang Tersedia untuk Ditarik yaitu tombol “Request Penarikan” Jika Anda ingin melakukan penarikan, maka klik tombol tersebut.

Setelah ditekan nanti akan muncul halaman detail pembayaran. Katakanlah, Anda memilih metode penarikan komisi di Involve Asia menggunakan transfer bank, maka akan muncul rincian bank. Jika sudah benar rinciannya, Anda tinggal klik “Konfirmasi”

Setelah itu, akan muncul kembali notifikasi rincian pembayaran komisi yang menunjukkan bahwa request penarikan komisi berhasil dikirim ke Involve Asia.

Setelah itu, Anda akan menerima konfirmasi pembayaran paling lambat 10 hari kerja melalui email terdaftar berupa detail pembayaran komisi.

Untuk membuktikan apakah komisi sudah benar-benar dibayar, Anda bisa melihat melalui dashboard Penghasilan Saya”.

Apabila komisi belum dibayar, maka pada kotak bergaris biru masih terisi jumlah komisi. Apabila sudah dibayar, kotak berwarna akan kosong dan nominalnya berpindah ke kotak merah.

Anda juga bisa melihat detail pembayaran komisi dari Involve Asia dengan melihat tab yang ditandai oleh kotak hijau pada gambar.

Perlu diingat bahwa Anda akan dikenakan biaya transfer tergantung bank internasional digunakan dan ketentuan PayPal.

Apabila dalam 10 hari Anda belum menerima uang komisi, Anda bisa menghubungi account manager Involve Asia.

Itulah, cara menarik pembayaran komisi di Involve Asia. Saatnya Anda mendapatkan uang melalui program afiliasi di Involve Asia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again