1. Startup

Pemerintah Akan Berikan Insentif Pajak Bagi Modal Ventura

Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro menganggap selama ini modal ventura dinilai dikenai pajak berganda

Regulasi yang memihak merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah yang saat ini diharapkan oleh para pemain di industri startup, termasuk para pemodal atau modal ventura. Untuk merangsang pertumbuhan startup dari sisi modal pemerintah berencana untuk memberikan insentif pajak bagi dana modal ventura yang dapat mendanai perusahaan startup di Indonesia.

Pernyataan ini dikemukakan langsung oleh Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro. Ia berujar bahwa modal ventura yang diperuntukkan bagi startup tidak akan bergantung sepenuhnya pada APBN, untuk itulah insentif pajak diberikan. Insentif pajak ini diharapkan mampu untuk meningkatkan minta investor untuk menyuntikkan modalnya ke startup-startup yang ada di Indonesia.

"Kita mau kasih tax incentives untuk venture capital fund-nya itu sendiri. Bukan pakai persen, pakai skema. Pokoknya skema dia jadi murah, kalau sekarang itu kaya double taxation, gitu aja," ujar Bambang.

Bambang seperti dikutip di Media Indonesia juga menjelaskan selama ini perusahaan modal ventura masih terkena pajak berganda ketika menginvestasikan asetnya ke startup. Hal ini yang coba diperbaiki melalui regulasi insentif pajak. Insentif diberikan agar menghidupkan perusahaan modal ventura terlebih dahulu.

Dengan begitu peluang startup yang mendapatkan pendanaan semakin banyak. Efek dominonya juga diharapkan mampu menghidupkan ekosistem startup secara keseluruhan. Termasuk perbaikan ekonomi dan menyediakan lapangan pekerjaan sebanyak mungkin.

Sebelumnya beberapa bulan lalu OJK juga dikabarkan tengah menyiapkan regulasi khusus di pasar modal guna memudahkan startup dan UKM mendapatkan modal. Bentuk dukungan seperti inilah yang dibutuhkan startup Indonesia untuk tumbuh dan berkembang.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again