Categories

Berita

Pemprov DKI Jakarta Gelar Ajang Hackathon HackJakarta

Amir Karimuddin - 10 April 2014

Pemerintah provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Southeast Asia Technology Transparency Initiative (SEATTI) bakal menggelar ajang hackathon HackJakarta/HackJak (Jakarta Open Data Challenge) tanggal 26-27 April 2014 mendatang. HackJak mencari 20 aplikasi mobile terpilih, dari empat platform smartphone utama, untuk membantu mewujudkan "Jakarta Baru" yang lebih baik.

"HackJak terbuka bagi seluruh pengembang software, baik individu ataupun perusahaan start up di Indonesia. Dua jenis data (Open Data) akan disediakan sebagai materi hackathon, yaitu data trayek angkutan umum darat dan data anggaran DKI tahun 2014," papar Shita Laksmi, Program Manager SEATTI. Shita dalam rilis persnya berharap melalui HackJak akan tersedia berbagai aplikasi inovatif yang menggunakan data tersebut dan bermanfaat bagi masyarakat luas. SEATTI adalah sebuah inisiatif yang mendukung penggunaan teknologi untuk transparansi di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Myanmar.

Urusan transportasi umum dan data anggaran menjadi fokus hackathon mengingat keduanya selalu menjadi sorotan dalam pembangunan Jakarta saat ini. Menurut data Masyarakat Transportasi Indonesia, penggunaan transportasi umum di Jakarta hanya mencapai angka 14%, jauh di bawah Seoul yang 60% atau Taipei yang 50%. Akibatnya rata-rata laju kendaraan di Jakarta hanya di bawah 18-20 km/jam, jauh lebih lambat bila dibandingkan Bangkok (Thailand) dan Tokyo (Jepang).

Sementara untuk masalah anggaran, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang mendukung penuh acara ini menyebutkan, "Orang bisa tahu bikin bangunan itu habisnya berapa, belanja kursi berapa, ini sesuatu yang bisa membuat ibu-ibu rumah tangga saja bisa tahu, sehingga membaca laporan keuangan tidak perlu bisa membaca neraca, tidak perlu bisa baca laporan keuangan. Ini penting karena pengawasan DKI diserahkan kepada rakyat DKI."

Untuk informasi lebih lanjut tentang kegiatan HackJak, pihak penyelenggara akan mengadakan meetup tanggal 17 April mendatang di Sinou Kaffe Housen yang beragenda penjelasan Open Data dari UKP4 dan penjelasan teknis kegiatan ini. Meetup bisa diikuti secara gratis dengan mendaftarkan diri di http://hackjakmeetup.eventbrite.com.

Disclosure: DailySocial adalah satu satu pendukung acara hackathon HackJakarta

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter