1. Startup

PemiluAPI Berikan Kesempatan Bagi Pengembang Untuk Ciptakan Aplikasi Pemilu

Tak lama lagi Indonesia akan melakukan Pemilihan Umum (Pemilu). Perhelatan tingkat nasional yang –konon katanya– merupakan pesta demokrasi ini, membawa sejumlah euforia yang mulai terasa di sekitar kehidupan masyarakat, seperti pada media cetak, media elektronik, hingga baliho pinggir jalan, yang sudah mulai menyambut ajang lima tahunan ini. Dunia teknologi pun tak luput dari euforia ini. PemiluAPI adalah salah satu sarana yang baru saja hadir menawarkan cara bagi sejumlah pengembang untuk berpartisipasi dalam perhelatan politik ini.

Sebelum membahasnya lebih lanjut, ada baiknya diketahui sebelumnya bahwa PemiluAPI bukanlah startup seperti biasanya, media sosial, apalagi sebuah platform e-commerce yang sering kami bahas. Sesuai dengan namanya: “PemiluAPI”, situs ini merupakan tempat khusus bagi pengembang yang ingin menciptakan sebuah aplikasi yang dikembangkan khusus pada perhelatan Pemilu.

Bagi yang belum mengetahui, API (Application Programming Interface) merupakan fasilitas interaksi untuk aplikasi dalam menggunakan sebuah layanan. Dalam kaitannya dengan hal ini, sesuai dengan keterangan tertulis dalam website resminya, PemiluAPI dapat menjadi sebuah aplikasi yang menggunakan antarmukanya agar informasi dan fungsionalitas tentang pemilu 2014 di Indonesia tersedia untuk aplikasi lain.

Menurut situs resminya, pembentukan PemiluAPI didasari dari berbagai “permasalahan” yang kerap muncul menjelang event politik ini. Hal-hal seperti pertanyaan-pertanyaan besar di benak pemilih, misalnya memastikan dirinya terdaftar sebagai DPT (Daftar Pemilih Tetap), mengetahui latar dan profil lengkap dari partai dan kandidat yang akan dipilih, cara melakukan pemilihan bagi pemilih pemula, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya, akan “dijawab” oleh aplikasi yang menggunakan PemiluAPI ini.

“Kami membantu membangun sebuah tempat penyimpanan informasi terbuka untuk para pemilih Indonesia pada tahun 2014 – sebuah PemiluAPI,” tulis tim PemiluAPI dalam website resminya.

Dalam PemiluAPI, pengembang dapat membangun aplikasi yang dapat memberikan berbagai fungsi interaktif, contohnya, membantu masyarakat untuk memastikan bahwa mereka adalah pemilih terdaftar, membagikan pengalaman mengikuti Pemilu kepada teman, membuat sebuah platform reminder berkaitan dengan acara-acara politik, membuat platform video sharing yang dapat digunakan sebagai alat kampanye, menjalankan program otomatis yang dapat diaplikasikan ke dalam Twitter dalam melakukan “tweet secara otomatis” (bot), membuat tutorial dalam melakukan pemilihan, hingga membuat animasi berformat GIF yang dapat digunakan sebagai alat kampanye, serta fungsi-fungsi lainnya.

Ide PemiluAPI tentu sangat baik dalam menyambut perhelatan demokrasi yang akan dimulai pada bulan April 2014 mendatang. Baik dari konsep, maupun misi yang diusungnya, PemiluAPI seraya memberikan jalur bagi pengembang yang ingin berpartisipasi mencari peruntungan dalam euforia pemilu. Tentu seperti yang mungkin sudah diketahui, gelaran Pemilu selalu menjadi perhelatan yang kerap membawa rejeki bagi sebagian orang. Mulai dari project tender sana-sini yang berkaitan dengan proses pemilu, hingga proyek pembuatan kaos partai, bendera, baliho, spanduk, dan lain sebagainya tentu mendatangkan pundi-pundi yang tak sedikit. Dalam PemiluAPI, kembali lagi setidaknya merupakan “jalan baru” bagi pengembang dalam ikut sedikit berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini.

Bagi Anda yang kini tertarik untuk coba mengembangkan aplikasi pemilu dari PemiluAPI ini, Anda dapat memasukkan ide aplikasi yang diinginkan melalui submit bar yang tersedia di dalam situs tersebut. Atau jika ingin bertanya langsung pada tim representatif PemiluAPI Anda dapat langsung menghubungi alamat email ini. Setelah ini yang jelas, kami tentu tak sabar ingin melihat aplikasi-aplikasi kreatif yang dapat menyemarakkan pemilu 2014 mendatang.

[ilustrasi foto dari Flickr/Daniel Giovanni]

This Smart & Innovative channel is brought to you by Smartfren. Smartfren promotes Smart life through internet and mobile. For more information on product and solution provided by Smartfren, visit Smartfren website: http://www.smartfren.com/ like Smartfren Facebook Page, and follow @smartfrenworld

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again