12 August 2013

by Yoga Wisesa

[Rumor] Home Button iPhone 5S Gunakan Sapphire Glass + Pemindai Sidik Jari

Rumor atas generasi terbaru dari iPhone kembali hadir. Kali ini kabar lanjutan tentang pemindai sidik jari yang kemungkinan akan hadir di perangkat iPhone 5S. Apple sendiri disebut-sebut akan mengadakan acara terkait generasi iPhone baru tanggal 10 September nanti.

Informasi yang didapatkan dari TechRadar, beberapa sumber online telah menyebutkan bahwa iPhone 5S akan menyertakan pemindai sidik jari. Kabar ini kemudian diperkuat oleh salah satu sumber terpercaya berita ini adalah analis KGI Ming-Chi Kuo, menurutnya sensor fingerprint ini akan ditambatkan di dalam kaca ‘sapphire’ yang diusung iPhone 5S.

Laporan ini juga diperkuat fakta bahwa di bulan Juli 2012 lalu, Apple mengakuisisi perusahaan AuthenTec yang fokus pada pengembangan dan industri network, proteksi konten dan data, serta security device mobile.

Sapphire glass adalah sebuah material yang sering kita jupai di arloji-arloji eksklusif. Bahan ini dipilih untuk produk-produk kelas atas karena tingkat kekerasan dan daya tahan yang tinggi. Secara natural, safir adalah material kedua terkeras setelah berlian (Safir berada di urutan 9 skala Mohs, berlian 10), namun berbeda dengan berlian, safir tidak mudah pecah dan bisa dimanufaktur dalam skala industri di laboratorium. Kaca safir ini juga memastikan pengguna tidak perlu lagi menambahkan anti-scratch di smartphone mereka.

Penggunaan sapphire pada home button iPhone dengan pemindai sidik jari akan menjaganya untuk tidak mudah rusak dan tergores.

Menurut Kuo, desain iPhone 5S yang cekung memberikan Apple ruang yang cukup untuk menginstal perangkat keamanan di dalam handheld ini. Rumor selanjutnya menyatakan bahwa tombol home 5S didesain menonjol – sangat kontras dengan rancangan para pendahulunya. Belum ada yang bisa memastikan apakah Apple benar-benar akan mematangkan ide ini, atau hal di atas hanya sekedar isapan jempol yang tak berdasar. Namun pertanyaannya adalah apakah tombol home cembung ini akan menyusahkan pengguna saat ingin menyisipkan iPhone ke dalam saku mereka?

Kabar lainnya menyebutkan bahwa iPhone 5S akan memiliki desian yang sama degan iPhone 5, peningkatan kamera, prosesor yang lebih cepat. Kita tunggu tanggal 10 September nanti, kejutan apa yang akan diberikan Apple.

Sumber artikel: TechRadar dan 9to5Mac