1 April 2014

by Iqbal Farabi

Pemutar Musik PonoPlayer Sukses Galang Dana Sebesar 5 Juta Dolar di Kickstarter

Kita bisa jadi sedang menyaksikan sebuah kejadian penting dalam perkembangan musik digital. PonoPlayer, sebuah alat pemutar musik yang menjanjikan kemampuan memutar musik digital dengan kualitas audio tinggi, baru-baru ini berhasil menggalang dana sebesar lebih dari 5 juta dolar AS melalui situs crowdfunding Kickstarter.

Sedikit latar belakang, format musik yang populer saat ini adalah MP3 dan AAC. Kedua format ini memang didesain untuk kenyamanan dalam mendistribusikan musik secara digital. Salah satu hal yang akhirnya dikompromikan oleh format MP3 dan AAC adalah kualitas audio. Agar file musik digital tersimpan dalam ukuran yang cukup kecil, musik digital yang disimpan dalam format MP3 dan AAC menggunakan algoritma kompresi yang menyimpan file dengan resolusi 192 kbps atau 256 kbps. Akibatnya, banyak detil audio yang tidak ikut tersimpan dalam sebuah file berformat MP3 atau AAC.

Dirintis oleh musisi Neil Young, PonoPlayer berusaha untuk menghadirkan pemutar musik digital yang bisa menyimpan dan memutar musik digital dengan format audio yang jauh lebih besar. Tidak tanggung-tanggung, PonoPlayer diklaim bisa memutar musik dalam format audio beresolusi ultra high 9216 kbps, 36 kali lipat resolusi file MP3 atau AAC. Tentu saja kehadiran pemutar musik saja tidak cukup jika tidak ada file-file musik digital yang distribusikan dalam resolusi ultra high tadi. Untuk itu, PonoMusic, perusahaan pengembang PonoPlayer ini, juga mengembangkan sebuah portal musik bernama PonoMusic.com yang nantinya akan menjadi seperti iTunes store bagi musik-musik digital beresolusi tinggi.

PonoMusic awalnya hanya menetapkan target penggalangan dana sebesar 800.000 dolar AS untuk PonoPlayer. Respon terhadap PonoPlayer ternyata luar biasa. Tak kurang dari 5 juta dolar AS berhasil diraih PonoPlayer. Sebanyak lebih dari 15 ribu pendukung ikut dalam penggalangan dana PonoPlayer. Selain itu, berbagai musisi ternama juga turut mendukung kampanye PonoPlayer baik dengan memberikan testimoni atau menyediakan tandatangannya di perangkat PonoPlayer yang akan menjadi reward bagi pendukung dengan sumbangan dana tertentu. Nama-nama seperti Metallica, The Eagles, Arcade Fire, Foo Fighters, Norah Jones, Lenny Kravitz, dan Red Hot Chili Peppers tercatat sebagai musisi yang memberikan tandatangannya sebagai reward bagi kampanye PonoPlayer.

PonoPlayer generasi pertama ditargetkan akan dirilis pada bulan Juni 2014 untuk para pendukung kampanye PonoPlayer di Kickstarter. Rencananya PonoPlayer akan dijual dengan harga $399 di Amerika Serikat. Jika Anda tertarik, saat ini masih tersedia paket dukungan sebesar $300 untuk mendapatkan PonoPlayer edisi terbatas berwarna kuning atau hitam di halaman kampanye PonoPlayer di Kickstarter.

[youtube id="xH8I0LUjrqw" width="620" height="360"]