1. Startup

Penambahan Bahasa Pada Fitur Listen di Google Translate

Salah satu fitur yang ada di Google Translate adalah fitur text-to-speech, yang memungkinkan user untuk mendengarkan sebuah kata tertentu dari kata yang diterjemahkan untuk mengetahui bagaimana cara kata itu diucapkan. Jika anda sering menggunakan Google Translate maka anda pasti sering melihat logo speaker kecil, yang merupakan cara untuk menggunakan fitur ini.

Sejak awal kemunculannya fitur text-to-speech in hanya tersedia untuk bahasa Inggris serta Haitian Creole, namun kemudian ditambahkan bahasa French, Italian, German, Hindi and Spanish, dan kini, dengan menggunakan apllikasi open source speech systhesizer, eSpeak, Google menambahkan jumlah bahasa yang bisa diperdengarkan pada aplikasi Google Translate.

Integrasi dengan eSpeak ini memungkinkan user untuk mendengarkan jumlah bahasa yang lebih banyak di aplikasi Google Translate, bahasa yang kini tersedia untuk dicek cara pengucapannya antara lain adalah Afrikaans, Albanian, Catalan, Chinese (Mandarin), Croatian, Czech, Danish, Dutch, Finnish, Greek, Hungarian, Icelandic, Indonesian, Latvian, Macedonian, Norwegian, Polish, Portuguese, Romanian, Russian, Serbian, Slovak, Swahili, Swedish, Turkish, Vietnamese and Welsh.

Untuk menikmati fasilitas ini, anda cukup meluncur ke situs Google Translate, ketikkan kata/kalimat yang ingin anda terjemahkan, jika kata/kalimat yang dimaksud merupakan salah satu dari bahasa di atas, maka nanti di sebelah hasil kata/kalimat terjemahan akan terdapat button logo speaker kecil, klik button ini, maka Google secara otomatis akan memperdengarkan bagaimana pengucapan dari hasil terjemahan tersebut.

Namun, seperti yang dikatakan Google, hasil pengucapan dari berbagai bahasa yang baru ditambahkan ini memang tidak sebaik dari beberapa hasil pengucapan dari bahasa yang telah diluncurkan sebelumnya, setelah mencobanya saya sendiri juga mendapatkan bahwa pengucapan ala robot, misalnya untuk hasil kata/kalimat dalam bahasa Indonesia terdengar lucu, dan cukup kaku. Tetapi Google berjanji untuk terus memperbaiki hasil pengucapan dari berbagai bahasa ini serta mereka juga berencana untuk terus menambahkan bahasa baru untuk melengkapi layanan bahasa yang telah ada.

Meski sering kali dianggap tidak memberikan hasil terjemahan yang cukup baik dan benar, namun Google Translate telah memberikan layanan yang cukup berguna bagi mereka yang membutuhkan hasil terjemahan cepat dan gratis serta mudah digunakan, terutama untuk kata atau kalimat umum dalam bahasa asing yang digunakan sehari-hari, fitur text-to-speech juga memungkinkan user untuk mengenal secara singkat bagaimana dialek bahasa tertentu diucapkan.

Anda yang penasaran untuk mencoba bisa langsung menuju link ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again