Categories

Opini

Pencarian Blog dan Forum di Basigi.com

Wiku Baskoro - 23 September 2010

Basigi.com yang merupakan mesin pencari milik Detik, menambahkan dua ketegori tambahan untuk mesin pencari mereka. Jika sebelumnya Basigi hanya memberikan hasil pencarian untuk berita saja, kini pengguna bisa melakukan pencarian untuk kategori blog serta forum.

Untuk hasil pencarian berita, Anda bisa mendapatkan berbagai hasil pencarian dari penyedia jasa layanan berita populer yang ada di internet, tidak hanya berbagai berita dari situs Detik saja, namun dari Tempo, Kompas, Republika, Okezone serta berbagai situs yang menyediakan konten berita lainnya.

Sedangkan untuk pencarian blog, sepertinya masih terbatas untuk blog yang tersedia di Detik saja. Dari hasil mencoba beberapa kali untuk melakukan pencarian dengan berbagai kata kunci, saya hanya menemukan konten dengan keterangan alamat situs '.blogdetik.com' saja.

Sedangkan untuk hasil pencarian untuk ketegori forum, hasil pencarian yang ditampilkan hanya tersedia atau masih didominasi oleh konten yang didapatkan dari Kaskus. Sayangnya, saya tidak menemukan keterangan tentang kapan penambahan hasil pencarian khusus untuk blog dan forum ini dirilis, namun sepertinya masih dalam taraf percobaan, karena ketika Anda melakukan klik untuk melihat hasil pencarian di halaman kedua dan seterusnya, Basigi belum bisa memberikan hasil pencarian tersebut dan memasang keterangan error.

Untuk hasil pencarian blog, saya jadi teringat layanan SalingSilang. Dengan cara yang berbeda mereka juga menyediakan layanan untuk melihat berbagai tren yang terjadi di blog lokal serta direktori yang menyediakan (sampai tulisan ini ditulis) sekitar 3.083.014 blog lokal.

Perkembangan dari Basigi ini bisa jadi menarik karena pertumbuhan konten di Indonesia sejalan dengan pertumbuhan pengguna internet sendiri, meski banyak dari konsumen kita adalah konsumen pengguna, tetapi tidak sedikit juga pengguna internet lokal yang memilih untuk menjadi pembuat konten dan menerbitkannya, baik di forum atau blog, yang menjadikan mesin pencari konten untuk mendata konten dari blog dan forum berpeluang untuk digunakan oleh banyak orang.

Meski pengguna internet lokal juga masih menggunakan mesin pencari global seperti Yahoo!, Bing atau Google yang beberapa waktu yang lalu meluncurkan Google Instant, namun kekuatan produk lokal adalah kemampuannya mengenali dan memberikan data yang unik untuk konten lokal.

Sayangnya, dengan penambahan dua tab pencarian di Basigi, ada satu tautan yang menghilang yaitu fitur untuk melihat data statistik, padahal fitur ini bisa menjadi pelengkap untuk mesin pencari.

Kita lihat perkembangan selanjutnya dari Basigi, semoga hasil pencariannya semakin luas, tidak sebatas konten yang ada pada jaringan Detik saja, serta fasilitas untuk mencari hasil pencarian pada halaman kedua dan seterusnya juga sudah bisa digunakan.

Thanks to Buyung Bahari for the tip.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter