1. Startup

Pendaftaran Astranauts 2023 Resmi Dibuka, Bidik Startup dan Mahasiswa Berinovasi Digital

Pendaftaran berlangsung pada 8 Maret-30 April 2023 untuk kembangkan ekosistem digital dan teknologi lewat startup serta mahasiswa di Indonesia.

Astranauts kembali membuka pendaftarannya pada tahun ini, tepatnya mulai dari 8 Maret hingga 30 April 2023. Seperti diketahui, ini merupakan tahun kedua Astranauts diadakan, dengan fokus untuk  mengembangkan ekosistem digital dan teknologi di Indonesia. Fokus ini selaras dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia. 

Astranauts 2023 mengusung tema “Building A Sustainable  Future Through Technology”, yang membidik inovasi dan teknologi di bidang sustainability, edu-tech, emerging tech, kesehatan, agribusiness, mobility, fintech, logistik, serta media & entertainment.

Chief of Group Digital Strategy Astra Paul Soegianto mengatakan, Astranauts diinisiasi Astra sebagai bentuk dukungan perkembangan inovasi digital untuk startup dan mahasiswa di Indonesia, serta menjadi jawaban bagi tantangan bisnis dan teknologi yang bisa berkontribusi pada isu sustainability.

"Hal ini sejalan dengan tujuan Astra untuk membangun keberlanjutan bisnis untuk hari ini dan masa depan Indonesia,” ujar Paul.

Adapun rangkaian seleksi awal akan dimulai dari sesi preliminary round, yang akan mengambil 10 finalis dari jalur startup dan mahasiswa. Semua finalis ini akan memperoleh sesi mentorship dari para ahli di bidangnya.

Nantinya, finalis terpilih akan memperlihatkan presentasi ide bisnis mereka di dalam Demo Day. Sesi ini akan diakhiri dengan Awarding Astranauts 2023 pada 7 Juni 2023. Pada 8 Juni 2023, akan diadakan Astranauts Conference yang menawarkan berbagai topik menarik dengan pembicara ahli dari bidangnya.

Astranauts sendiri menargetkan peserta dari kalangan startup dan mahasiswa aktif dengan jenjang diploma, sarjana, atau magister di Indonesia. Sebagai catatan, peserta di kategori startup sudah harus punya Minimum Viable Product (MVP) dan product traction. Sementara peserta dari kalangan mahasiswa bisa mengajukan ide yang belum diterapkan serta dikomersialisasikan.

Pada tahun keduanya, Astranauts juga menggandeng berbagai perusahaan teknologi dan instansi besar, mulai dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Biofarma, Blue Bird Group, GDP Labs, Sime Darby, MD Entertainment, Google Cloud Indonesia, Meta Indonesia, Microsoft Indonesia, Halodoc, Mapan, Dagangan, eFishery, Rekosistem, Kerry Express Indonesia, Paxel, Waresix, Ayoconnect, Kejora Capital, Plug and  Play Indonesia, Arkblu, Kumpul ID, Astra Startup Community, dan Indonesia LPDP Entrepreneurs Club (ILEC). Seluruh mitra tersebut akan terlibat sebagai mentor, juri dalam Demo Day, serta menjadi pembicara dalam Astranauts Conference.  

Baik para pemenang Astranauts 2023 dari kategori startup dan mahasiswa akan memperoleh hadiah uang tunai dengan total ratusan juta rupiah. Tak cuma itu, para pemenang juga akan meraih kesempatan berkolaborasi dan bergabung sebagai bagian Astra Startup Community.

Untuk informasi lengkap tentang pendaftaran Astranauts 2023, Anda dapat mengaksesnya melalui situs: https://bit.ly/Astranauts2023xDailySocial

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again