1. Startup

Pengalaman Pertama, Mendapat Diskon dengan Aplikasi Foursquare di Lokasi Lokal (Updated)

Meski terdengar agak aneh, terus terang saya memang jarang bahkan tidak pernah menggunakan fasilitas diskon yang didapat dari hasil check-in di lokasi tertentu dengan aplikasi Foursquare, meski saya sendiri cukup rutin menggunakan aplikasi berbasis lokasi, mulai dari Koprol, Foursquare dan Gowalla.

Mendapatkan potongan harga dengan menunjukkan hasil check-in di lokasi tertentu, bagi saya masih sulit untuk sering dilakukan, ada beberapa alasan, pertama adalah malas, dalam arti perilaku untuk menunjukkan hasil check-in itu sendiri belum cukup masuk dalam pola perilaku mengunjungi lokasi tertentu (dalam hal ini kafe atau tempat makan) saya sendiri, artinya saya harus menambah satu pola baru dalam kegiatan makan, misalnya dengan menunjukkan layar ponsel untuk hasil check-in.

Kedua adalah keraguan saya sendiri pada lokasi bisnis (kafe, dll) tertentu apakah mereka telah siap dengan sistem promosi lewat Fousquare, jangan-jangan cuma ikut-ikutan karena sedang populer, serta yang terakhir adalah penerapan program potongan harga berdasarkan aktivitas check-in sendiri masih belum terlalu banyak dilakukan oleh berbagai pemilik lokasi (meski terus bertambah), setidaknya jika dibandingkan dengan promo lain, misal kupon diskon.

Foursquare sendiri memang mengedepankan layanan check-in dan integrasi promo dengan merchant pada layanan mereka, setidaknya di luar negeri. Indonesia sendiri adalah pengguna terbesar Foursquare di Asia yang menjadikan peluang untuk memberikan penawaran diskon berbasis check-in Foursquare menjadi sangat menarik. Meski tentu saja ada hambatan lain yaitu perilaku pengguna Foursquare Indonesia sendiri yang masih banyak remotecheck-in.

Promosi oleh pemilik lokasi yang berhubungan dengan aplikasi Foursquare juga bisa jadi dipengaruhi oleh karakter dari lokasi tersebut, apakah dekat dengan komunitas online serta sesuai dengan pangsa pasar mereka, internet savvy. Setidaknya itu yang saya alami hari minggu kemarin di salah satu tempat yang cukup populer di Bandung, yang saya pikir pangsa pasarnya juga cukup internet savvy, yaitu Potluck Kitchen di Bandung.

Pengalaman menggunakan fasilitas check-in di Foursquare ternyata cukup seru, meski masih menemukan kendala komunikasi, seperti ketidakyakinan bahwa kasir cukup paham dengan fasilitas ini, namun semuanya lancar dan diskon bisa saya dapat, salah satu teman saya menjadi 'mayor' di tempat itu juga mendapatkan tambahan hadiah lain yaitu voucher makan/minum.

Potluck sendiri sedang menjalankan program bagi pengunjung yang melakukan check-in, dengan menunjukkan bukti check-in (layar perangkat bergerak) maka pengunjung akan mendapatkan diskon 10%, sedangkan untuk 'mayor' akan mendapatkan voucher sebesar 50 ribu rupiah. Semuanya harus ditunjukkan di kasir, pada waktu pembayaran.

Perkembangan paling baru dari Foursquare juga memberikan dukungan lebih bagi para merchant dan konsumen, bagi merchant kini ada fasilitas Specials baru yang diberikan Foursquare, setidaknya ada 5 penawaran yang bisa diberikan pemilik lokasi untuk para konsumen baru serta 2 penawaran untuk konsumen loyal. Pengaturan berbagai penawaran ini juga bisa dikustomisasi, sesuai dengan apa yang diinginkan pemilik lokasi. Sedangkan bagi konsumen, Fousquare 3.0 memberikan tampilan yang lebih baik, lebih asik untuk digunakan, serta beberapa fasilitas baru seperti Explore bisa memberikan tambahan informasi tentang lokasi lain yang ada di sekitar kita yang didapat dari relasi di Foursquare.

Fasilitas lainnya berhubungan dengan penawaran dari merchant, ketika kita mencari tempat untuk melakukan check-in maka akan ada banner khusus jika merchant di sekitar lokasi kita sedang melakukan penawaran, hal ini tentu memudahkan promosi bagi merchant dan informasi yang berguna untuk konsumen.

Salah satu yang kurang dari program diskon Potluck adalah fasilitas ini, pengguna bisa membaca pengumuman diskon dari poster di depan kafe serta situs/blog mereka namun tidak mendapatkan informasi langsung dari aplikasi Foursquare sendiri. Bisa jadi mereka belum memanfaatkan fasilitas Specials yang baru dari Foursquare.

Foursquare memang bisa menjadi sarana bagi pemilik lokasi untuk membuat program promosi, meski tentu saja masih banyak yang harus dioptimasi, termasuk dari pemahanan serta tingkat literasi dari pemilik lokasi sendiri, Koprol juga sudah mulai masuk ke wilayah bisnis dengan meluncurkan akun bisnis Koprol, namun yang masih kurang dari Koprol adalah aplikasi, setidaknya belum ada aplikasi untuk iPhone dari Koprol (Koprol hanya punya aplikasi untuk BlackBerry, JavaME dan versi mobile) dan masih dalam tahap pengembangan untuk akses situs mereka bagi pengguna perangkat sentuh. (Update: Lihat bagian bawah artikel).

Bagi saya, promosi berdasarkan layanan berbasis lokasi haruslah dengan akses mobile dan ini bisa teroptimasi lewat aplikasi. Ilustrasinya: berjalan-jalan, dekat lokasi, buka aplikasi dan mendapatkan penawaran, tertarik untuk mengunjungi lokasi, check-in, lakukan pembelian dan mendapatkan diskon atas aktivitas check-in. Meski tentunya masih banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi optimasi layanan berbasis lokasi untuk promosi, seperti jumlah penguna feature phone di Indonesia yang masih cukup banyak. Namun, segmentasi bisa menjadi pilihan, lokasi dengan segmen menengah-atas tentu bisa menembus hambatan ini dengan logika pengunjung mereka telah memiliki smartphone.

Yang paling menarik dari layanan berbasis lokasi, bagi saya bukan hanya aktivitas check-in, melihat teman-teman sedang berada dimana, namun lebih kepada integrasi layanan seperti ini pada bidang lainnya, terutama bisnis, minimal dengan integrasi program promosi di aplikasi.

Masih banyak peningkatan yang bisa terjadi, persaingan di layanan berbasis lokasi juga terus muncul, kita lihat bagaimana pemilik lokasi, terutama di tingkat lokal bisa memanfaatkan fasilitas dari berbagai layanan lokasi, baik itu Foursquare atau layanan lain.

Itu pengalaman pertama saya mendapatkan diskon dari layanan berbasis lokasi, cukup menyenangkan dan tentu saja saya akan mencoba mencari penawaran-penawaran diskon lain, semoga saja semakin banyak pemilik lokasi (merchant) yang melakukan promo lewat Foursquare atau layanan berbasis lokasi lain. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

ps: Thanks Yohan dan Reza untuk foto.

Update: Seperti yang dituliskan pada kolom komentar oleh mas Kristiono Setyadi, developer di Yahoo!, fasilitas Koprol untuk perangkat sentuh ternyata telah tersedia untuk publik di http://touch.koprol.com. Saya sendiri sempat mencobanya pada waktu menuliskan tulisan ini dan tidak bisa, ternyata setelah membaca komentar mas Kris dan mencoba kembali, bisa. Namun, saya pikir tampilannya masih harus diperbaiki, ada penumpukan teks pada awal akan login, serta tampilan bar 'change place' yang kurang jelas.

Terima kasih untuk koreksinya mas Kristiono Setyadi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again