1. Entrepreneur

Mengoptimalkan Layanan Pelanggan di TikTok Shop: Peran Kunci Pengelolaan Tim dan Dasbor Analitik

Pemanfaatan Dasbor Analitik dan Pengelolaan Akses Tim yang Efektif di TikTok Shop

Platform TikTok Shop telah menjadi pusat perhatian sebagai wadah bagi berbagai macam pelaku bisnis untuk menjual produk dan berinteraksi dengan konsumen. Dalam menjalankan operasionalnya, pentingnya pengelolaan akses tim dan pemanfaatan dasbor analitik menjadi faktor yang berpengaruh dalam membangun reputasi, meningkatkan penjualan, dan mengoptimalkan pengalaman pelanggan.

Dasbor analitik adalah fitur yang mampu mengumpulkan dan menganalisis data tentang pola interaksi pelanggan, tingkat kepuasan, waktu respons, dan efisiensi tim/agen. Di sisi lain, memberikan layanan pelanggan yang efisien dan efektif merupakan langkah penting dalam membangun hubungan yang langgeng dengan konsumen.

Pengelolaan Tim di TikTok Shop

Dalam operasional TikTok Shop, kemampuan mengelola dan mengatur tim customer service menjadi aspek yang tak dapat diabaikan. Modul pengelolaan tim memungkinkan manajer toko untuk melakukan tugas ini dengan lebih mudah dan terstruktur. Beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam hal ini meliputi:

Kendali Akses

Hanya akun-akun dengan peran tertentu yang diberikan izin untuk mengakses modul pengelolaan tim. Akun utama, administrator, dan akun dengan izin customer service lanjutan adalah yang memiliki akses ke halaman ini.

Pengelolaan Informasi Agen

Informasi mengenai agen customer service memiliki beberapa aspek yang bisa diubah sesuai kebutuhan. Termasuk dalamnya adalah informasi dasar seperti avatar, nama panggilan, dan alamat email. Selain itu, peran anggota tim dapat diatur, apakah mereka menjadi admin, agen, atau peran lainnya. Informasi lain yang juga dapat diubah adalah kapasitas maksimum chat yang dapat dikelola oleh agen, jumlah chat terbuka untuk masing-masing akun, dan pengaturan penerimaan chat.

Cara Mengakses Dasbor Analitik Customer Service

  • Login ke seller center Anda.

  • Pilih menu Buyer Messages.

  • Arahkan kursor pada menu Service Analytics, lalu pilih Shop Performance.

  • Berikut adalah tampilan dasbor analitik.

Credit image by TikTok

  • Cara lain untuk mengakses dasboar analitik adalah klik menu Data Compass pada halaman awal, lalu pilih menu Service.

  • Berikut adalah tampilan dasbor analitik.

Manfaat Penggunaan Dasbor Analitik

Pemantauan Layanan Pelanggan Secara Keseluruhan

Dasbor analitik memungkinkan Anda untuk mengamati kinerja layanan pelanggan secara menyeluruh. Anda dapat melihat berbagai metrik penting seperti jumlah obrolan yang diterima, tingkat respons dalam 24 jam, tingkat kepuasan pelanggan, rata-rata waktu respons, dan informasi lainnya. Hal ini membantu Anda mendapatkan gambaran komprehensif tentang bagaimana toko Anda memberikan layanan kepada pelanggan.

Pemantauan Efisiensi Agen Layanan Pelanggan

Dasbor analitik juga memberikan kemampuan untuk memantau efisiensi masing-masing agen customer service. Anda dapat melihat bagaimana alokasi chat diantara para agen, berapa banyak chat yang memerlukan respons manusia, seberapa cepat agen merespons chat dalam 24 jam, jumlah chat yang terlambat direspons atau bahkan tidak direspons, tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan agen, rata-rata waktu respon pertama, dan informasi relevan lainnya. Data ini bermanfaat untuk menilai performa individu agen dan mengidentifikasi area di mana perbaikan diperlukan.

Dengan memberikan akses yang tepat kepada tim serta memanfaatkan data yang dihasilkan oleh dasbor analitik, Anda dapat meraih sejumlah manfaat signifikan dalam meningkatkan kualitas layanan dan mengoptimalkan operasional bisnis Anda.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again