1. DScovery

Pengertian Lembaga Sosial: Fungsi dan Jenis-Jenisnya dalam Masyarakat

Lembaga sosial adalah sebuah institusi yang ditujukan unntuk menjadi pedoman hidup individu dalam bertindak di masyarakat. Berikut ini pengertian hingga jenis-jenis lembaga sosial yang dapat kamu temukan di masyarakat!

Manusia adalah makhluk sosial yang diyakini membutuhkan orang lain untuk saling membantu satu sama lain. Kumpulan kelompok manusia ini akan membentuk masyarakat sebagai suatu sistem sosial terkait proses kehidupan manusia.

Dalam menjalankan kehidupannya manusia sebagai bagian dari kelompok masyarakat menetapkan pandangan mengenai nilai dan norma, terkait perbedaan apa yang baik dan buruk dan direpresentasikan ke dalam sikap atau tindakan seseorang. Sikap ini juga dilandasi oleh sebuah lembaga sosial yang bertugas untuk memberikan pengendalian atas hidup individu. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai pengertian lembaga sosial:

Pengertian Lembaga Sosial

Lembaga sosial adalah sebuah institusi sosial yang pada dasarnya merupakan kumpulan atas norma dan struktur sosial untuk menjalankan fungsi masyarakat. Lembaga sosial adalah  sebuah konsep dalam ilmu sosiologi yang menjelaskan mengenai sistem norma untuk mencapai suatu tujuan yang dianggap penting di masyarakat.

Lembaga sosial pada dasarnya melibatkan segala hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia, seperti kebiasaan, kelakuan dan kegiatan-kegiatan sosial.  Menurut Robert Mac Iver dan Charles H, lembaga sosial adalah suatu prosedur yang digunakan untuk mengatur hubungan kelompok manusia dalam suatu kemasyarakatan.

Lembaga sosial akan mencakup berbagai aspek yang berkaitan dengan masyarakat, seperti pendidikan, hukum, ekonomi bahkan politik. Lembaga sosial juga dikenal sebagai lembaga kemasyarakat dengan tujuan mengatur kehidupan setiap individu dalam masyarakat agar sesuai dengan nilai, norma dan sikap yang seharusnya dilakukan oleh seseorang.

Fungsi Lembaga Sosial

Lembaga sosial memiliki sejumlah fungsi dalam pelaksanaannya di masyarakat. Berikut ini sejumlah fungsi dari kehadiran lembaga sosial:

  • Sebagai pedoman masyarakat

Lembaga sosial berfungsi sebagai pedoman masyarakat karena berisi mengenai nilai dan norma dalam tatanan sosial. Lembaga sosial berfungsi untuk memberikan panduan, tata cara dan ketentuan mengenai sikap dan tindakan yang perlu dilakukan oleh seseorang dalam masyarakat. Lembaga sosial berupaya untuk mengatur bagaimana setiap individu yang terlibat dapat menjalankan nilai dan norma yang telah diyakini dalam suatu kelompok.

  • Menjaga keutuhan masyarakat

Lembaga sosial berfungsi untuk menjaga keutuhan masyarakat dalam artian menghindari terjadinya konflik antar individu dalam masyarakat. Lembaga sosial dianggap juga sebagai bentuk pengawasan yang memiliki wewenang dalam masyarakat untuk dapat menjalankan tugasnya guna mengatur hubungan antar individu dalam berinteraksi di masyarakat.

  • Sebagai sistem pengendalian sosial

Lembaga sosial berfungsi sebagai sistem pengendalian sosial, dimana setiap individu perlu mengikuti ketentuan terkait sikap berdasarkan nilai dan norma yang berlaku di suatu masyarakat. Pengendalian sosial dilakukan guna menjaga hubungan dan integrasi antara individu dalam menjalankan kehidupan sosialnya.

Jenis-Jenis Lembaga Sosial

Lembaga sosial yang meliputi segala aspek kehidupan manusia dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut ini jenis-jenis lembaga sosial yang dapat ditemukan di masyarakat:

  • Lembaga Keluarga

Lembaga keluarga adalah bentuk lembaga sosial yang paling dasar dalam kehidupan seseorang. Lembaga keluarga adalah unit sosial terkecil yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak. Keluarga dianggap sebagai sebuah lembaga karena diartikan sebagai kelompok yang terjalin oleh ikatan darah dan perkawinan. Lembaga keluarga biasanya menjadi dasar atau pokok dimana seseorang akan mengembangkan pemahamannya mengenai nilai dan norma apa yang ada di masyarakat, bagaimana keluarga akan menjadi landasan bagi seorang anak untuk dapat berkembang dan menjadi bagian dari masyarakat.

  • Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan adalah bentuk lembaga sosial yang berfokus pada proses pendidikan dalam upaya memberikan pengajaran terhadap seorang anak untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dan membimbing seseorang menjadi mandiri dan dewasa. Lembaga pendidikan berfungsi untuk mempersiapkan individu menjadi bagian dari masyarakat, mengembangkan potensi diri seseorang, melestarikan budaya.

Lembaga pendidikan juga memiliki fungsi untuk menyediakan sarana bagi anak muda untuk berkembang, berkurangnya pengendalian orangtua terhadap anak, perpanjangan masa remaja seorang anak hingga pada pembentukan sistem kelas sosial. Pada intinya lembaga pendidikan merupakan sarana untuk memberikan pengajaran terkait nilai, norma dan tanggung jawab pada setiap individu masyarakat.

  • Lembaga Agama

Lembaga agama merupakan lembaga sosial yang membahas mengenai suatu keyakinan yang dimiliki oleh masyarakat dan diterapkan pelaksanaannya dalam kehidupan sehari-hari. Lembaga agama mengatur kehidupan manusia berlandaskan pada agama, hal ini berkaitan juga dengan hubungan yang terjalin antara manusia dengan Tuhannya. Lembaga agama sebagai lembaga sosial bertugas untuk menjadi wadah peraturan dan norma yang berhubungan dengan kepercayaan agama seseorang, sehingga agama akan menjadi tolak ukur atas sikap orang tersebut baik atau buruk.

  • Lembaga Hukum

Lembaga hukum adalah lembaga yang menjelaskan mengenai wadah yang berisi aturan-aturan tertulis dan diakui oleh masyarakat untuk dapat mengontrol dan memberikan sanksi atau hukuman, jika peraturan yang telah ditetapkan dilanggar baik oleh perorangan maupun kelompok. Lembaga hukum sebagai lembaga sosial berfungsi untuk mengawasi sikap dan tindakan masyarakat agar sesuai dengan peraturan ketentuan yang berlaku, dimana setiap pelanggar akan dikenakan sanksi yang sesuai.

Demikian penjelasan seputar lembaga sosial di masyarakat, sekarang kamu mengetahui bahwa masyarakat memiliki berbagai jenis lembaga yang bertugas untuk menjaga keutuhan dan pengendalian sosial. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu mu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again