1. DScovery

Ketahui Pengertian Metode Ilmiah: Jenis-Jenis dan Langkah-langkahnya!

Metode ilmiah adalah bagian dari sebuah penelitian yang digunakan untuk mendapatkan sebuah data. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian metode ilmiah, simak artikel berikut ini!

Ilmu hadir dari pengetahun manusia dan disebarkan agar setiap orang dapat mengetahui ilmu tersebut. Tidak semua pengetahuan yang dimiliki manusia dapat dianggap ilmu, hal ini disebabkan untuk memperoleh ilmu maka dibutuhkan persyaratan yang harus dipenuhi.

Untuk memenuhi persyaratan ini maka dibutuhkan metode ilmiah sebagai landasan terhadap hal-hal yang dianggap ilmiah. Berikut ini pengertian mengenai metode ilmiah:

Pengertian Metode Ilmiah

Metode ilmiah adalah sebuah metode dalam penelitian yang digunakan untuk mendapatkan ilmu atau pengetahuan. Metode ilmiah disebut juga sebagai prosedur penelitian yang digunakan untuk mendapatkan sebuah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan atau rumusan penelitian.

Menurut Horald Tirus, metode ilmiah adalah proses mengenai langkah-langkah untuk mendapatkan suatu pengetahuan dari ilmu yang ada. Metode ilmiah juga dianggap sebagai prosedur untuk mendapatkan pengetahuan yang disebut ilmu dengan menggunakan kegiatan induktif dan deduktif.

Kata metode berasal dari bahasa Yunani yaitu “meta” yang berarti menuju atau melalui dan “hodos” yang berarti jalan, cara atau arah. Melalui berbagai penjelasan tersebut, maka metode ilmiah adalah suatu hal yang berkaitan dengan pendekatan terkait cara, alat bantu dan langkah-langkah untuk mengetahui fakta dan kebenaran secara ilmiah.

Jenis-Jenis Metode Ilmiah

Perlu diketahui bahwa metode ilmiah juga dibagi ke dalam beberapa jenis. Berikut ini beberapa jenis-jenis metode ilmiah yang dapat kamu pahami:

  1. Metode Eksperimen

Metode eksperimen adalah jenis metode ilmiah yang digunakan untuk menguji variabel-variabel penelitian efektif atau tidak. Hasil uji efektif atau tidak ditentukan melalui variabel kontrol dan pengujian hipotesis biasanya digunakan pada bidang eksak.

  1. Metode Verifikasi

Metode verifikasi adalah jenis metode ilmiah yang digunakan untuk menguji seberapa jauh tujuan dalam penelitian mengalami kecocokan dengan isi teori. Penelitian dengan metode ilmiah verifikasi ini cenderung melibatkan teori untuk diuji dan menciptakan teori baru atau disebut sebagai grounded theory.

  1. Metode Deskriptif

Jenis metode ilmiah lainnya adalah metode deskriptif, yaitu metode yang digunakan untuk membantu peneliti dalam mengumpulkan, menganalisis dan melakukan interpretasi terhadap data temuan terkait suatu fenomena. Biasanya pendekatan yang paling sering ditemui dalam metode ini seperti, studi kasus, survey, dokumenter dan lain sebagainya.

  1. Metode Historis

Jenis metode ilmiah lain adalah metode historis,  yaitu metode yang digunakan dalam penelitian ilmiah untuk meneliti mengenai fenomena atau suatu kejadian yang terjadi di masa lampau. Penelitian ini biasanya digunakan untuk menemukan generalisasi, rekonstruksi dan verifikasi atas bukti dan fakta masa lampau.

Tahapan-Tahapan Metode Ilmiah

Untuk menggunakan metode ilmiah dalam penelitian, dilakukan tahapan-tahapan guna memperjelas proses penelitian. Berikut ini tahapan-tahapan metode ilmiah

  • Identifikasi Masalah dan tujuan

Tahapan awal dari metode ilmiah adalah mengidentifikasi masalah dan tujuan dari sebuah penelitian. Masalah apa yang melandasi sebuah penelitian harus dilakukan, seberapa besar urgensi yang dimiliki masalah tersebut, untuk mencari sebuah masalah maka peneliti perlu mencari gap dari penelitian-penelitian sebelumnya terkait fenomena yang serupa. Berikutnya tujuan penelitian dilakukan guna mengetahui apa yang ingin dicari tahu dari penelitian tersebut dan apa dampaknya.

  • Penyusunan hipotesis

Tahapan metode ilmiah yang kedua adalah penyusunan hipotesis, ketika peneliti menemukan masalah yang akan ditelitinya maka langkah berikutnya adalah menyusun hipotesis atau perkiraan mengenai jawaban sementara sebagai landasan dasar dari penelitian, asumsi-asumsi yang dimiliki oleh seorang peneliti.

  • Penyusunan rancangan penelitian

Tahap metode ilmiah lainnya adalah penyusunan rancangan penelitian, yaitu berupa kerangka pemikiran meliputi konsep-konsep dan teori yang akan digunakan dalam penelitian, metode apa yang digunakan, paradigma apa yang lebih cocok untuk fenomena yang dikaji dan lain sebagainya.

  • Melakukan pengumpulan data

Melakukan pengumpulan data adalah tahapan metode ilmiah, disini peneliti akan terjun langsung mencari dan menganalisis objek serta subjek penelitian yang telah memenuhi kriteria penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan metode yang telah disusun dalam rancangan penelitian.

  • Pengelolaan dan analisis data

Tahapan metode ilmiah selanjutnya adalah pengelolaan dan analisis data, ketika data telah terkumpul atau jenuh maka peneliti melakukan pengolahan data untuk menemukan jawaban atas rumusan masalah. Analisis data ini biasanya dilakukan untuk memperjelas dan memberikan deskripsi atas hasil data yang didapatkan.

  • Membuat kesimpulan 

Tahap berikutnya adalah membuat kesimpulan, disini peneliti akan membahas mengenai hasil akhir dari keseluruhan data penelitian. 

  • Melakukan publikasi hasil

Hasil penelitian selanjutnya akan dipublikasikan untuk dijadikan sebagai referensi penelitian-penelitian berikutnya. Publikasi hasil penelitian juga dilakukan guna memberikan wawasan pengetahuan kepada khalayak atas fenomena riset yang peneliti lakukan.

Demikian informasi selengkapnya mengenai pengertian metode ilmiah hingga pada tahapan-tahapan penyusunan metode ilmiah. Semoga informasi tersebut dapat membantumu mengetahui lebih dalam mengenai apa itu metode ilmiah!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again