1. DScovery

Pengertian Teks dalam Bahasa Indonesia: Jenis-Jenis dan Strukturnya

Teks merupakan sebuah rangkaian tulisan yang disusun oleh berbagai kata. Teks memiliki beberapa jenis yang dapat membedakannya, berikut ini penjelasannya.

Dalam bahasa Indonesia menjelaskan teks sebagai sebuah naskah yang menjelaskan kata-kata asli dari sang penulis, Teks memiliki beragam jenis, struktur serta kepentingan yang berbeda-beda.

Setiap penyusunan teks dapat memberikan penjelasan dan tujuan yang berbeda tergantung pada sudut pandang peristiwa yang ingin disampaikan oleh penulis, Di bawah ini terdapat penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian teks yang dapat kamu pahami, sebagai berikut:

Pengertian Teks

Teks adalah esensi yang memiliki wujud atau tampilan sebagai bahasa, maksudnya adalah teks merupakan bahasa yang tercipta melalui pembentukan wacana. Pembuatan teks biasanya dilakukan berdasarkan isi atau konteks yang akan menjadi topik pembahasan.

Teks biasanya digunakan juga sebagai salah satu jenis penyampaian komunikasi, dapat dipahami juga bahwa teks diartikan sebagai bagian dari komunikasi. Teks dapat diartikan sebagai bentuk ungkapan berupa bahasa yang dilakukan melalui isi suatu pesan.

Isi dalam suatu teks berkaitan dengan konten dari teks tersebut atau pesan yang disampaikan dalam bentuk bahasa dalam teks tersebut. Dengan kata lain, teks dapat dipahami juga sebagai suatu kejadian yang melibatkan komunikasi sebagai standar tekstualitas dan catatan verbal.

Jenis-Jenis Teks

Teks terbagi berdasarkan jenis-jenisnya, berikut ini beberapa jenis teks:

1.Teks Deskriptif

Teks deskriptif adalah teks  yang berisi mengenai suatu paparan penjelasan terhadap suatu peristiwa secara lebih rinci dan jelas. Teks jenis ini akan berupaya untuk menjelaskan peristiwa yang dapat dirasakan seperti, penglihatan, penciuman dan pendengaran terkait suatu objek, tempat atau bahkan peristiwa yang terjadi.

Teks deskriptif dapat dipahami sebagai sebuah teks yang mampu memberikan gambaran bagi pembaca, sehingga pembaca juga akan turut serta merasakan apa yang dimaksud dan dijelaskan dalam teks. 

2.Teks Eksplanasi

Jenis teks eksplanasi adalah teks yang berisi sebuah tulisan yang menjelaskan sebab-akibat dan proses mengenai suatu topik atau fenomena yang terjadi. Pada umumnya penjelasan yang diberikan oleh teks eksplanasi akan saling berkaitan secara logis atau masuk akal.

3.Teks Persuasif

Jenis teks ini berisi mengenai tulisan yang bertujuan untuk dapat membujuk dan mempengaruhi orang lain untuk bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis. Maksudnya adalah teks persuasif berisi mengenai pesan yang bersifat mengajak pembaca mengenai suatu hal.

Teks persuasif pada umumnya disusun dengan menjelaskan mengenai suatu fenomena atau permasalahan yang menjadi topik utama, selanjutnya teks akan berisi mengenai berbagai argumen atau tawaran yang akan diberikan pada pembaca dan teks akan berisi sebuah kalimat penegasan atau bujukan untuk meyakinkan pembaca.

4.Teks Narasi

Teks narasi adalah sebuah teks yang berkaitan dengan suatu rangkaian peristiwa yang diceritakan dalam bentuk narasi. Narasi merupakan karangan yang dibuat untuk menggambarkan suatu rangkaian peristiwa secara jelas, teks narasi juga dapat dipahami sebagai sebuah cerita yang pada dasarnya melibatkan rangkaian waktu untuk menyesuaikan urutan peristiwa yang terjadi.

Jenis teks narasi dapat dibedakan berdasarkan unsur-unsur yang ada dalam teks tersebut, seperti adanya latar belakang waktu, tempat, tokoh, suasana, alur cerita, suasana dan lain sebagainya. Dalam teks narasi juga dipaparkan sebuah masalah atau konflik melalui rangkaian waktu peristiwa. Konflik yang ada pada teks narasi jufa sifatnya dapat berupa fakta ataupun fiksi, hal ini akan tergantung pada tujuan dari sang penulis.

5.Teks Berita

Teks berita adalah teks yang berisi mengenai sekumpulan berita, pada umumnya teks ini memberikan gambaran atau cerita berdasarkan fakta dan tidak dibuat-buat. Teks berita merupakan teks yang berisi dengan tujuan memberitakan suatu fenomena ataupun peristiwa secara jelas.

Penyusunan jenis teks berita harus berdasarkan fakta dan tidak boleh semaunya sang penulis. Teks berita memuat sebuah peristiwa yang dianggap penting, aktual, faktual, menarik dan juga memiliki nilai untuk diberitakan kepada khalayak. 

Struktur Teks

Teks berdasarkan jenisnya juga memiliki beberapa struktur penjelasan yang berbeda dan mampu mewakilkan penulisan sebuah jenis teks. Berikut ini struktur teks berdasarkan jenisnya:

1.Struktur Teks Deskriptif

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa teks deskriptif adalah teks yang menjelaskan mengenai suatu peristiwa dengan rinci dan jelas. Penyusunan struktur yang ada pada teks ini dibagi menjadi dua bagian yaitu:

  • Identifikasi, merupakan awalan teks yang berfungsi untuk mengawali dan menghubungkan teks ke penjelasan peristiwa berikutnya. Identifikasi digunakan sebagai proses awal pembaca mengenai alur peristiwa teks tersebut.
  • Deskripsi, merupakan isi dari teks deskriptif yang menjelaskan peristiwa secara lebih terperinci dan jelas.

2.Struktur Teks Eksplanatif

Struktur teks eksplanatif memiliki tiga bagian, sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa teks eksplanatif adalah teks yang menjelaskan sesuatu  terkait suatu sebab-akibat. Berikut ini struktur yang ada dalam teks eksplanatif:

  • Pernyataan umum, merupakan bagian awal yang menyatakan peristiwa secara umum.
  • Sebab - Akibat, menjelaskan mengenai sebab dan akibat atas topik atau peristiwa yang terjadi dalam sebuah teks.
  • Interpretasi, proses penafsiran dari pesan teks mengenai suatu peristiwa yang telah terjadi. 

3.Struktur Teks Persuasif

Struktur teks persuasif memiliki empat bagian, dimana setiap bagian memiliki peran yang membantu teks persuasif menjadi lebih terstruktur dan terarah.

  • Isu, membahas mengenai permasalahan atau topik yang akan dibahas dalam teks tersebut.
  • Argumen, memberikan sejumlah argumen atas topik peristiwa yang terjadi bisa dengan berbagai cara seperti pemberian fakta, data atau bahkan pengalaman.
  • Kalimat ajakan, menyertakan kalimat yang berisi ajakan terhadap pembaca. Biasanya ajakan ini akan lebih mempengaruhi jika topik atau permasalahan yang terjadi relate atau pernah dialami juga oleh pembaca. 
  • Penegasan kembali, menyertakan kalimat penegasan kembali mengenai suatu topik. Biasanya kalimat ini bisa berisi mengenai kalimat yang menyatakan apa akibatnya jika seseorang tidak tergerak atas ajakan yang diberikan atau bisa juga dengan bentuk kalimat lainnya.

4.Struktur Teks Narasi

Struktur teks narasi terbagi menjadi empat bagian dalam penyusunan sebuah teks.

  • Orientasi, merupakan bagian yang menjelaskan mengenai latar belakang dimulainya sebuah peristiwa.
  • Komplikasi, merupakan bagian yang berisi masalah atau konflik terkait peristiwa yang diceritakan dalam teks narasi.
  • Resolusi, bagian yang berisi tentang akhir cerita dan ditentukan apakah berakhir bahagia atau tidak.
  • Coda, merupakan bagian penting juga dalam teks narasi karena berisi mengenai nilai-nilai dan nasehat yang dapat diambil oleh pembaca sebagai pembelajaran dari penggalan cerita teks narasi.

5.Struktur Teks Berita

  • Headline, membahas mengenai judul dari sebuah teks berita. Pemberian judul berita harus sesuai dengan topik yang akan dibahas di dalam teks.
  • Lead, membahas mengenai awalan pembuka pada sebuah artikel berita. Pada lead atau kepala berita biasanya disusun sebagai informasi penting yang menjelaskan unsur 5W + 1H (What, who, when, why, where dan how). Ini untuk menjelaskan mengenai peristiwa apa yang sedang terjadi dan diberitakan pada sebuah teks berita.
  • Body, mengenai pembahasan lebih lanjut terkait berita, Biasanya akan menjelaskan berbagai kronologi atau pengakuan pihak terkait yang akan mendukung atau menambahkan informasi dalam sebuah teks berita. 
  • Foot News, merupakan informasi yang berada di posisi paling akhir dan berisi mengenai informasi yang kurang penting dibandingkan pembahasan sebelumnya. Pada teks berita, bagian ini berfungsi juga sebagai penutup dari sebuah berita.

Nah, begitulah informasi mengenai pengertian teks hingga struktur teks yang dapat dijadikan sebagai referensi sumber bacaan dan pedoman dalam memahami bagaimana cara pembuatan sebuah teks berdasarkan jenisnya. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan mu dan bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again