1. DScovery

Pengertian Virtual Account Hingga Cara Membayar dengan Akunnya, Kamu Harus Tahu!

Mungkin beberapa kali kamu pernah mendengar mengenai virtual account. Tapi, apa itu sebenarnya virtual account? Bagaimana cara kerjanya? Yuk, intip penjelasannya pada artikel ini!

Kemajuan di era digital membuat transfer uang menjadi lebih mudah. Virtual account adalah salah satu inovasi yang muncul dari kemajuan saat ini. Tapi apa virtual account? Bagaimana cara kerjanya? Berikut penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Virtual Account?

Virtual account adalah metode pembayaran digital melalui virtual account yang dibuat untuk setiap pelanggan. Sehubungan dengan setiap transaksi, pelanggan dialihkan ke virtual account untuk melakukan pembayaran.

Virtual account terdiri dari nomor ID pelanggan yang unik untuk setiap pelanggan. Dengan kata lain, tidak ada nomor akun virtual yang persis sama di antara keduanya. Dengan cara ini, transaksi dapat diidentifikasi secara otomatis untuk setiap pelanggan individu. Setelah menyelesaikan transaksi, nasabah juga tidak perlu mengirimkan bukti transfer. 

Perbedaan antara Akun Virtual dan Akun Biasa

Setelah membahas apa itu virtual account, kali ini kita akan membahas perbedaan virtual account dengan regular account. Meskipun akun virtual telah ada namun ini masih menjadi hal yang baru bagi masyarakat yang awam. Oleh karena itu, banyak transaksi virtual account yang disamakan dengan rekening biasa.

Meskipun ada beberapa perbedaan utama antara akun virtual dan akun biasa, berikut penjelasannya.

  1. Dari Penggunaan Internet

Jika menggunakan rekening biasa, ada dua cara umum untuk bertransaksi, yaitu menyetor/menarik uang tunai di mesin kasir atau di ATM. Kedua jenis transaksi tersebut memiliki kelemahan yang sama. Saat membayar melalui bank, kamu harus langsung ke bank. Jika kamu menggunakan ATM, Anda harus mencari ATM terdekat sesuai dengan rekening bank kamu.

Namun, kamu tidak perlu kemana-mana saat menggunakan Virtual Account (VA). Kamu hanya perlu menginstal aplikasi M-Banking di ponsel Anda, membeli barang, memilih metode pembayaran (VA) dan memasukkan kode pembayaran VA di fungsi M-Banking. Pembelian produk secara online melalui internet juga berhasil.

  1. Dari Layanan

Selain itu, dari segi layanan, pengguna VA melakukan layanan mandiri. Hal itu tentu berbeda ketika kamu datang ke bank dan kemudian semua kebutuhan kamu diurus oleh pihak bank.

Cara VA adalah membuat kode otomatis bagi pengguna yang ingin melakukan transaksi online. Jika transaksi berhasil, pengguna VA harus melakukan self service dengan memasukkan kode sesuai petunjuk pembayaran. Dalam hal aliran transaksi

Cara kerja virtual account lebih rumit dibandingkan regular account karena kamu harus memproses sendiri pembayarannya. Namun, selama informasi alur transaksi yang diberikan jelas dan lengkap, kamu tidak akan kesulitan melakukan pembayaran melalui VA.

  1. Dari Alur Transaksi

Pernahkah kamu kehilangan tanda terima pembayaran dari rekening biasa? Ini tidak akan terjadi pada kamu jika kamu bertransaksi dengan akun VA.

Setiap kode yang dihasilkan oleh akun virtual merupakan kode unik yang hanya dapat digunakan oleh satu orang. Sehingga ketika kamu melakukan pembayaran melalui VA, pihak bank langsung mengetahui bahwa kamu adalah pengirimnya. 

Keuntungan Virtual Account

Virtual Account adalah produk teknologi keuangan (fintech) luar biasa yang telah mengubah cara orang berbisnis. Akun virtual memiliki banyak keuntungan bagi penggunanya, lebih jelasnya dijelaskan di bawah ini.

  1. Transaksi Dapat Dilakukan Dimana Saja dan Kapan Saja

Kelebihan dari virtual account yang akan kita bahas terlebih dahulu adalah fleksibilitas dalam bertransaksi. Dengan VA, cukup buka m-bank dan masukkan kode VA untuk membayar kapan saja (24/7). 

  1. Melayani Segala Jenis Transaksi

Saat ini, beberapa penyedia virtual account telah mengembangkan fitur-fitur inovatif yang akan memudahkan transaksi kamu. Kamu dapat menggunakan sebagian besar layanan VA yang tersedia saat ini di berbagai pasar dan aplikasi. Jadi kalau mau beli produk/tarik uang online tinggal pakai VA saja.

  1. Konfirmasi Pembayaran Tidak Diperlukan

Pengguna tidak perlu khawatir tentang konfirmasi pembayaran. Akun VA hanyalah satu akun pengguna. Bank secara otomatis mengenali identitas setiap nasabah bank tanpa melakukan pembayaran.  

Cara Kerja Virtual Account

Ingatlah bahwa akun virtual bekerja secara berbeda dari akun biasa.

Untuk rekening biasa, pelanggan harus memasukkan secara manual nomor rekening tujuan, jumlah transfer dan informasi terkait. Pelanggan harus memasukkan informasi ini satu per satu untuk menyelesaikan transaksi. Di akhir proses, nasabah tetap harus memberikan bukti transaksi.

Akun virtual jauh lebih sederhana. Sebagai metode pembayaran, pelanggan hanya memilih opsi pembayaran "Virtual Account". Kode pembayaran berupa ID pelanggan kemudian otomatis terkirim ke pelanggan. Langkah selanjutnya, nasabah dapat langsung melakukan transfer ke nomor virtual account dan transaksi selesai. 

Cara Membayar dengan Virtual Account

Sebagaimana dijelaskan dalam Cara Kerja Virtual Account, setiap Penyedia VA mungkin memiliki alur pembayaran yang berbeda. Di bawah ini adalah contoh pembayaran dengan Virtual Account OCBC NISP.

  1. Copy terlebih dahulu kode pembayaran VA OCBC NISP ke dalam aplikasi pembelian Anda
  1. Buka aplikasi M-Banking OCBC NISP, cari fitur "Multiple Payments" atau on-demand (bisa pembayaran cicilan, pembelian pulsa, pelatihan, dll)
  1. Masukkan kode pembayaran pada halaman pembayaran yang muncul
  1. Pembayaran nominal dihasilkan secara otomatis
  1. Klik tombol Bayar dan tunggu proses pembayaran dikonfirmasi 

Demikianlah penjelasan mengenai virtual account hingga bagaimana cara menggunakannya. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasanmu terkait layanan-layanan perbankan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again