1. Startup

Pengguna Gunakan Telunjuk untuk Survei Smartphone Android

Telunjuk, tampaknya tidak hanya digunakan untuk membandingkan harga handphone yang dijual secara online. Calon pengguna smartphone juga menggunakan layanan Telunjuk untuk membantu memilih smartphone apa yang akan mereka beli. Hal ini tergambar dari data penggunaan Telunjuk pada bulan Juni 2012.

70% pengguna Telunjuk yang mengikutkan sistem operasi sebagai salah satu parameter pencarian, memasukkan isian Android. Hal ini sepertinya dilakukan karena pengguna layanan Telunjuk tersebut ingin membeli smartphone Android, tetapi belum tahu merk dan jenis apa yang akan dibeli. Mereka menggunakan hasil pencarian oleh Telunjuk tersebut sebagai pertimbangan.

Hal ini tidak terdapat pada sistem operasi lainnya, karena sistem operasi lain kebanyakan berkorelasi dengan satu merk saja. Seperti Blackberry OS dengan Blackberry, Windows Mobile dengan Nokia, serta iOS dengan Apple. Pengguna layanan yang mencari smartphone seperti ini biasanya langsung memasukkan kata kunci atau merk ke dalam parameter pencarian.

Dibawah Android, sistem operasi yang paling banyak dicari adalah Symbian (9,7%), Windows-based (1,8%) dan iOS (1%).

Selain parameter sistem operasi, pengguna layanan Telunjuk juga sering menggunakan paramter harga. Untuk urusan ini, pengguna layanan Telunjuk masih terbagi antara mencari handphone dengan harga di atas 2 juta atau di bawahnya. Sebanyak 56,2% pengguna layanan Telunjuk yang memasukkan parameter harga, mencari handphone dengan harga di bawah 2 juta Rupiah. Tidak berbeda jauh, 43,8% sisanya mencari handphone dengan harga di atas 2 juta Rupiah.

Telunjuk, merilis data berserta infografis penggunaan layanannya selama bulan Juni, untuk membantu toko online menyediakan stok barang sesuai dengan yang dicari oleh konsumen. Sayangnya, data tersebut tidak dilengkapi dengan volume pencarian sehingga tidak dapat menggambarkan secara utuh permintaan konsumen Indonesia. Tetapi untuk sekedar mencari gambaran umum pasar handphone di Indonesia, data tersebut bisa diperhatikan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again