4 September 2012

by Andi Miftachul

Pengguna LinkedIn Paling Tua, Facebook Nomor Tiga

Diantara jejaring sosial dan komunitas online yang lain, LinkedIn merupakan jejaring sosial dengan pengguna yang tua. Dalam artian, rata-rata usia pengguna LinkedIn paling tua dibandingkan dengan jejaring sosial yang lain. Pengguna Facebook ternyata menempati urutan ketiga dalam daftar ini.

Menurut penelitian oleh Pingdom, rata-rata usia pengguna LinkedIn adalah 44.2 tahun, paling tua dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya. Setelah LinkedIn ada Yelp (42.2), Facebook(40.5), Flickr (40.2) dan Pinterest (40.1). DevianART menjadi jejaring sosial yang paling muda dengan rata-rata usia penggunanya hanya 28.6 tahun.

Pingdom menganalisis data ini berdasarkan data yang mereka dapatkan dari Google Ad Planner. Sayangnya, penelitian ini hanya mencakup pengguna di wilayah Amerika Serikat saja. Selain itu, Google Ad Planner juga tidak menyediakan data untuk pengguna Google Plus, sehingga Google Plus tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.

Yang menarik, jika dibandingkan dengan penelitian yang sama yang dilakukan oleh Pingdom pada 2,5 tahun yang lalu, rata-rata usia pengguna Facebook bertambah tua. Pada waktu itu, rata-rata usia pengguna Facebook hanya 38 tahun. Artinya, selain memang usia pengguna Facebook bertambah tua 2,5 tahun, Facebook juga menarik pengguna baru yang lebih tua daripada rata-rata usia saat ini.

Fenomena sebaliknya terjadi pada Twitter. Dua setengah tahun lalu, rata-rata usia pengguna Twitter adalah 39 tahun. Namun pada penelitian terbaru, rata-rata usia pengguna Twitter justru bertambah muda menjadi 37.3 tahun.

Selain melihat usia, penelitian oleh Pingdom ini juga meneliti jenis kelamin dari pengguna jejaring sosial dan komunitas online.

Sumber : Pingdom via The Realtime Report.