1. Lifestyle

Penjualan iPhone dan Mac Usung Apple Raih Pendapatan Gemilang

Kemarin (22 Juli 2014) Apple baru saja merilis laporan pencapaian di kuartal tiga 2014. Dari laporan yang dirilis disimpulkan hawa jumlah penjualan unit produk andalan Apple, iPad menurun dibanding kuartal tahun sebelumnya dan dipandang mengecewakan, sementara produk smartphone andalannya iPhone mencatat peningkatan. Produk Mac dan iPod cenderung di angka yang stabil, tidak begitu mencolok banyak pergerakannya. Apple mencatat pendapatan $37,4 milyar di kuartal ketiga ini dan membukukan $7,7 milyar laba bersih.

“Rekor pendapatan kuartal Juni kami didorong oleh penjualan yang kuat dari iPhone dan Mac dan pertumbuhan terus terjadi pada pendapatan dari ekosistem Apple, mengendalikan tingkat pertumbuhan EPS tertinggi dalam tujuh kuartal,” tulis CEO Apple Tim Cook dalam rilis. “Kami sangat gembira tentang rilis mendatang dari iOS 8 dan OS X Yosemite, serta produk dan layanan baru lainnya yang kita sudah tidak sabar lagi untuk memperkenalkan.”

Kuartal ini Apple menjual 35,3 juta unit iPhone, 13,3 juta unit iPad dan 4,4 juta unit Mac. Dibandingkan dengan kuartal di tahun sebelumnya, penjualan iPhone tumbuh sebesar 13,9 persen, sementara penjualan iPad menurun 8,9 persen. Penjualan iPhone dan iPad yang jumlahnya cukup mencolok ialah di negara China, dengan penjualan iPhone naik 48 pesen dan penjualan iPad naik hingga 51 persen.

Selain pencapaian tersebut di atas, Apple juga menuai prestasi cukup gemilang di pasar saham. Usai hari penyampaian laporan kuartal tercatat saham Apple ditutup $524,75 per saham. Strategi deviden yang diusung cukup membawakan hasil, saham Apple terus naik selama tiga bulan terakhir. Dalam pernyataan resminya perusahaan akan menargetkan prospek fiskal kuartal keempat akan membawa pendapatan antara $37-40 milyar dengan margin kotor 37-38 persen.

Optimisme Apple bukan tanpa alasan, pasalnya produk barunya kini juga tengah siap untuk meningkatkan pendapatan Apple. Jangkauan dan sektor pasar produk Apple pun terus meningkat. Terlebih kini Apple juga mulai serius untuk merasuk lebih dalam ke ranah enterprise dengan menjalin kerja sama dengan IBM beberapa waktu lalu. Secara serius Cook menyinggung kerja sama dengan IBM dan juga akusisi Beat yang diyakini akan menumbuhkan skema inovasi Apple.

[Gambar: Shutterstock]


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DSenterprise dan ditulis oleh Randi Eka Yonida.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again