6 January 2014

by Iqbal Farabi

Penjualan Musik Digital Mengalami Penurunan di 2013, Pertama Kali dalam 10 Tahun

April 2003 merupakan waktu yang sangat bersejarah bagi industri musik digital. Pada bulan tersebutlah iTunes Store pertama kali dibuka dan mengubah lanskap industri musik digital. Setelah sepuluh tahun berselang, iTunes Store berhasil menjadi toko musik online terbesar di dunia dengan katalog lebih dari 26 juta lagu dan total 25 miliar lagu telah terjual pada Februari 2013 lalu.

Pada bulan November 2012, Trenologi sempat mengulas sebuah prediksi dari Nielsen Wire yang menyatakan bahwa penjualan musik digital akan terus melonjak. Nyatanya, berdasarkan terbaru dari Nielsen SoundScan, penjualan musik digital justru mengalami penurunan pada tahun 2013 lalu. Total sepanjang tahun 2013, penjualan lagu secara digital mengalami penurunan sebesar 5,7% dari 1,34 miliar unit di tahun 2012 menjadi 1,26 miliar unit. Sementara penjualan album mengalami penurunan 0,1% dari 117,7 juta unit ke 117,6 juta unit.

(Baca juga: Penjualan Musik Digital Diprediksi Akan Terus Melonjak)

Seperti dilansir oleh Billboard, penurunan angka penjualan musik digital ini disinyalir sebagai akibat semakin populernya layanan streaming musik. Layanan streaming musik memang memang semakin menjamur dimana-mana. Di Indonesia saja, beberapa layanan streaming musik mulai bermunculan baik dari pemain lokal seperti Ohdio hingga pemain internasional seperti Nokia dan Deezer. Sementara di level internasionak, tanda-tanda semakin menguatnya layanan streaming musik salah satunya bisa dilihat dari laporan Warner Music Group yang menyatakan bahwa 25% pendapatan musik digitalnya kini berasal dari layanan streaming musik.

(Baca juga: Streaming Musik Sumbang 25% Pendapatan Musik Digital Warner Music Group)

Meski mengalami penurunan, penjualan musik digital masih memiliki peruntungan yang jauh lebih baik dari penjualan musik melalui medium fisik. Penjualan CD mengalami penurunan sebesar 14,5% dari 193,4 juta unit di tahun 2012 menjadi 165,4 juta unit di tahun 2013. Secara keseluruhan, penjualan album dalam berbagai format medium fisik (CD, DVD, kaset, vinyl, dan lain-lain) mengalami penurunan 8,4% dari 316 juta unit menjadi 289,4 juta unit.

Dengan terjunnya Apple (dengan iTunes Radio) dan Google (dengan Google Play Music All Access) ke layanan streaming musik di tahun 2013 lalu, tentunya akan menarik untuk diamati bagaimana perkembangan layanan streaming musik dan dampaknya terhadap industri musik digital secara keseluruhan.

 

Sumber: Billboard.